Contah RPP kelas rendah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : …………..

Mata Pelajaran/Tema   : Lingkungan.

Kelas/ semester           : ……./1

Alokasi waktu             : 12 x 35 menit

Standar Kompetensi

  1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka (Matematika)
  2. Memahami lingkungan dan melaksanakan  kerjasama di sekitar rumah dan sekolah (IPS)
  3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran(BI)
  4. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan(IPA)
  5. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat(PKn)

Kompetensi Dasar       :

  1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan (Matematika)
  2. Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah(IPS)
  3. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan (BI)
  4. Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan(IPA)
  5. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar(PKn)

Indikator :

IPA

  • Dapat  menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
  • Dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat

PKn

  • Dapat menyebutkan aturan yang berlaku di lingkungan sekitar

Matematika

  • Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
  • Melakukan penjumlahan tiga angka

IPS dan bahasa indonesia

  • Dapat menceritakan bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
  • Dapat menceritakan bentuk kerjasama dilingkungan sekolah

BI dan matematika

  • Dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan garis bilangan
  • Dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan penjumlahan
  • Dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan pengurangan

1. PERTEMUAN 1: 2 JP

I. Tujuan pembelajaran:IPA:

  • Dengan mengamati cerita siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
  • Dengan mengamati cerita siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat

PKn:

  • Dengan mengamati cerita siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku di lingkungan sekitar

Matematika:

  • Dengan mengamati cerita siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan
  • Dengan mengamati cerita siswa dapat melakukan penjumlahan tiga angka
  • Dengan mengamati cerita siswa dapat melakukan penjumlahan tiga angka

IPS:

  • Dengan mengamati lingkungan siswa dapat menceritakan lingkungan di sekitar rumah dengan runtut dan mudah dipahami
  • Dengan mengamati lingkungan siswa dapat menceritakan lingkungan sekolah dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami

BI:

  • Dengan mengamati lingkungan siswa dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan garis bilangan
  • Dengan mengamati lingkungan siswa dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan penjumlahan
  • Dengan mengamati lingkungan siswa dapat menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan pengurangan
I.I. Materi Ajar:IPA                : Lingkungan sehat dan tidak sehat

PKn               : aturan yang berlaku di lingkungan

IPS                : Menceriterakan lingkungan alam dan buatan sekitar rumah dan sekolah

Matematika   : garis bilangan, penjumlahan dan pengurangan

BI                  ; Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami

III. Metode Pembelajaran: Tugas dan penemuan
  1. Langkah-langkah pembelajaran:
NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENGORGANISASIAN

SISWA

WAKTU

Kegiatan awal:Siswa diperkenalkan tema yang akan dikaji yaitu lingkungan beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu  setelah pembelajaran diharapkan para siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat, dapat menyebutkan aturan yang berlaku di lingkungan sekitar dapat mengenal garis bilangan, dapat mengerjakan penjumlahan, dapat mengerjakan pengurangan, dapat menceritakan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah, dan dapat menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami

Siswa diminta menyebutkan benda-benda yang ada di lingkungannya

Kegiatan inti

  • Siswa mendengarkan cerita yang berkaitan dengan lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah. Cerita dikemas ada gambaran
  • lingungan yang sehat seperti selokan bersih, air lancar mengalir, udara bersih terhindar dari polusi serta berkaitan dengan norma yang berlaku di masyarakat. Di sisi lain diceritakan suatu tempat yang jorok, selokan banyak timbunan sampah sehingga air tak mengalir. Sampah diambil pemulung dan ditimbang untuk di jual.
  • Siswa diminta mengidentifikasi lingkungan sekat dan tidak sehat, aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
  • Siswa diminta mengerjakan tugas yang berkaitan dengan garis bilangan, penjumlahan dan pengurangan, serta mengerjakan contoh – contoh soal cerita yang berkaitan dengan kejadian dilingkunganya tentang penjumlahan dan pengurangan
  • Siswa diminta melaporkan hasil kerjanya

Kegiatan akhir

Siswa diminta mengikuti pemantapan dari guru dan diberi tugas untuk menyusun cerita yang berkaitan dengan lingkungan

Klasikal

Klasikal

Kelompok

Klasikal

5 menit

10  menit

40  menit

15 menit

V. Alat/ Sumber bahan:Alat peraga     : lingkungan rumah/ sekolah yang sehat dan tidak sehat

Sumber bahan: Guru dan buku paket, siswa, keluarga, lingkungan masy.

VI.PenilaianProsedur:

Tes awal: ada

Tes dalam proses: ada

Tes akhir: ada

Jenis: Tugas / penilaian kinerja dalam bentuk komunikasi lesan

Aspek kognitif:

Tugas menyusun cerita yang berkaitan dengan pengalaman yang mengesankan  yang berkaitan dengan lingkungan dan aturan yang berlaku. Tugas dipresentasikan dengan memperhatikan kelancaran bahasanya, cerita mudah dipahami

Aspek afektif selama proses pembelajaran:

Nama

Aspek yang dinilai

Keingintahuan Kegigihan dalam menyelesaikan tugas Ketepatan dalam menyelesaikan tugas
  1. 2. PERTEMUAN 2:…….

Dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan tema di atas.

Jepara : 10 Februari 2007.

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                      Guru kelas ……….

SD …………………….

(  …………………..         )                                      (    …………………..        )

NIP. ………………..                                               NIP. ………………..

About these ads

2 responses to “Contah RPP kelas rendah

  1. Saya bingung mengenai RPP.
    Yang benar yang seperti apa??
    Kata teman-teman saya,
    RPP itu,
    setiap 1 KD bebeda .
    Setiap KD,
    RPP dipisahkan.
    Tapi semua contoh yang saya lihat,
    Setiap KD itu tidak dipisahkan.
    JAdi,Pembuatan RPP yang benar itu seperti apa??
    Terima Kasih…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s