Contoh RPP kelas tinggi

Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                                   : SD ………………………………..

Mata Pelajaran                     : Matematika.

Kelas/Semester                    : V/I

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit.

Standar Kompetensi           : Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                : Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya.

Indikator                                 : 1. Dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk Persen.

2. Dapat mengubah pecahan bentuk persen ke pecahan biasa.

1. PERTEMUAN 1: 2 JP

I. Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk

Persen dengan benar.

II. Materi Ajar              : Pecahan
III. Metode Pembelajaran: Ceramah, Penugasan, Penemuan.

IV. Langkah Pembelajaran:

No

Kegiatan Pembelajaran

Pengorganisasian

Siswa

Waktu

1.

2.

Pendahuluan:

Siswa dikenalkaan masalah yang akan dikaji beserta tujuan pembelajarannya

Siswa diingatkan kembali tentang bilangan pecah

  • Pernahkan kalian menggunakan pecahan dalam kehidupan sehari-hari?

Berikan contohnya!

  • Banyak siswa kelas 5 ada 30 anak, yang 15 anak perempuan. Nyatakan bilangan pecah yang menyatakan banyak siswa perempuan.

K

K

3 menit

7 menit

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

Kegiatan Inti:

Guru menjelaskan pengertian persen.

Siswa diminta untuk mengubah pecahan 2/5 menjadi bentuk persen.

Siswa menyatakan pecahan 2/5 dalam bentuk persegi desimal(persegi dibagi 5, arsir 2 bagian).

Dengan transparan menjiplak persegi desimal tersebut.

Membagi persegi pada transparan menjadi 100 bagian yang sama.(disebut Desimal Square)

Taruh Desimal Square pada pesegi desimal 2/5, amati daerah arsir berapa bagian dari Desimal Square.(40 bagian = 40 %)

Dipandu oleh guru mendiskusikan hasil kerja kelompok, sehingga menemukan konsep 2/5 % = 2/5 : 1/100 = 2/5 x 100 = 40 %.

K

G

G

G

G

G

K

5 menit

2 menit

5 menit

3 menit

5 menit

7 menit

15 menit

Penutup

Siswa diminta mengikuti pemantapan dari guru dan menyelesaikan tes akhir

I

18 menit

Keterangan: I = individual;   P = berpasangan;   G = group;   K = klasikal

V. Alat/Sumber Bahan : kertas manila, plastik tansparan(desimal square)/Buku

paket

VI. Penilaian:

  1. Prosedur Tes:
  • Tes awal      : ada.
  • Tes proses   : ada.
  • Tes akhir     : ada.
  1. Jenis:
  • Tes awal     : lesan.
  • Tes proses  : penilaian kinerja dalam bentuk komunikasi lesan.
  • Tes akhir    : tertulis.
  1. Alat Tes:
  • Tes awal                            : Tes awal seperti apersepsi.
  • Tes dalam proses(afektif) : Aspek yang dinilai, sumbang saran

dalam  diskusi, inisiatif bertanya, dan

kegigihan dan mengerjakan tugas.

  • Tes akhir                           :
  1. Ibu membeli kue, ¾ nya diberikan teman-temanku ketika kerja kelompok di rumah. Berapa persen sisanya?
  2. 3/5 siswa kelas 5 membantu mengatur perpustakaan, sedangkan sisanya membersihkan kelas. Berapa persen anak yang membersihkan kelas?

PERTEMUAN 2:…………..JP

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                          Guru Kelas V,

SD ……………………..

(  ……………….                )                                         (    …………………   )

NIP. ………………                                                         NIP. …………………

About these ads

2 responses to “Contoh RPP kelas tinggi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s