Hukum – hukum Dasar Dalam Pendidikan

Usaha pendidikan dilakukan atau diusahakan manusia berdasarkan keyakinan tertentu. Keyakinan ini didasarkan atas suatu pandangan, baik filosofi maupun teoritis (ilmiah). Asas demikian merupakan titik tolak yang wajar. Artinya, tiap orang akan melakukan suatu pekerjaan jika tujuan dan hasil pekerjaan itu mereka yakini dapat menacapai tujuan ?. Demikian pula pendidikan secara melembaga.

Keyakinan ini disebut para ahli sebagai hukum – hukum dasar dan teori – teori pendidikan. Dapat juga kita nyatakan sebagai ide – ide dalam filsafat pendidikan yang meliputi :

1.Teori (hukum) Empirisme

Ajaran filsafat empirisme yang diperoleh oleh John Locke (1632 – 1704) mengajarkan bahwa perkembangan, terutama pendidikan, John locke berkesimpulan bahwa tiap individu lahir sebagai kertas putih, dan lingkungan itulah yang “ menulis “ kertas putih itu.

2.Teori (hukum) Nativisme

Ajaran filsafat Nativisme yang dapat digolongkan filsafat idealisme berkesimpulan bahwa perkembangan pribadi hanya ditentukan oleh faktor hereditas, faktor dalam yang berarti kodrati tokoh Nativisme Arthur Sehopenhever (1788 – 1860) mengumbap pembawaan yang bersifat kodrati dari lahir, yang tidak dapat diubah oleh pengaruh alam sekitar atau pendidikan itulah kepribadian manusia.

3.Teori (hukum) Konvergensi

Teori ini dikemukakan oleh Wiliam Sterm (1871 – 1938) menggambarkan bahwa perkembangan pribadi sesungguhnya adalah hasil proses kerjasama kedua faktor (potensi – hereditas) maupun faktor eksternal (lingkungan, pendidikan). Tiap pribadi adalah hasil konvergensi faktor – faktor internal dan eksternal.

Ketiga teori tersebut dikenal sebagai asas – asas filsafat pendidikan aliran – aliran empirisme, idealisme dan realisme, masing – masing mempunyai penganut hingga sekarang dengan segala variasinya sejalan dengan perkembangan ilmu jiwa, ilmu pendidikan dan filsafat.

About these ads

18 responses to “Hukum – hukum Dasar Dalam Pendidikan

  1. Kepala pick up koq lari2 trus??? tujuannya mna?? n sampainya kpn??? ^_^ lucuuuuuuuuu….
    Ma kasih yaw, tulisan di blok ini membantu saya mengerjakan tugas, blh saya copy kan???? :-)

    mobilnya mau kerumah kamu, tapi ga tau jalan…….
    silakan copy sepuasnya…..

  2. makasi yah… ini sngat bntu tmen2 yg lgi butuh ilmu pngtahuan mngnai prihal d atas.
    akhirnya klompok sya mnggu dpan bsa mnjlaskan mngenai prihal d atas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s