RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Sains SD

Kelas/Semester              : IV/1

Pertemuan ke                 : 1

Alokasi Waktu                : 2 Jam pelajaran

Standar Kompetensi     :  3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis    makanannya

Kompetensi Dasar         : 3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

Indikator                           : -  Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan

-  Mengidentifikasi makanan hewan

-  Menggolongkan makanan hewan

I. Tujuan Pembelajaran   : - Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan   baik hewan yang hidup di darat dan hidup di perairan

-  Mengidentifikasi jenis makanan hewan yang ada disekitarnya atau yang dilihatnya pada multimedia

-  Mengelompokkan jenis-jenis makanan hewan, yaitu jenis makanan dari bagian tumbuhan, dan dari bagian hewan

II.   Materi Ajar (Materi Pokok) : Jenis-jenis makanan hewan darat atau hewan perairan

III.  Metode pembelajaran         :  Pengamatan (observasi)

Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  • Siswa diajak mengingat kembali pengalaman dan pengetahuan yang telah dimilikinya tentang kebutuhan makanan pada hewan.
  • Siswa diajak menginventarisir jenis-jenis makanan yang dapat ditemuinya sehari-hari
  • Siswa mengelompokkan jenis-jenis makanan tersebut yaitu kelompok makanan yang berasal dari hewan.

Makanan yang berasal dari tumbuhan dikelompokkan menjadi:

-   biji-bijian dan buah-buahan, daun-daunan, atau rumput-rumputan, umbi-umbian, nektar, dan tanaman yang berduri

Makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, susu, kotoran hewan atau bangkai.

  • Siswa mendengarkan cerita guru tentang bagaimana kumbang Kowan memakan kotoran dan peran kumbang tersebut dalam membersihkan lingkungan.
  • Siswa diajak berdiskusi bahwa setiap hewan memiliki makanan sendiri-sendiri tergantung jenis makanannya.

Bahwa masing-masing hewan berperan dalam keseimbangan lingkungan. Misalnya jika jumlah butung pemakan belalang ditangkapi, maka jumlah belalang meningkat banyak dan dapat merugikan petani.

  • Siswa diberi pemahaman tentang jenis makanan hewan perairan (terumbu karang, laut dalam, padang lamun, danau, dan sungai)
  • Bahwa terdapat hewan-hewan air yang memakan rumput.
  1. Alat, dan sumber bahan LKS, buku cerita

VI.  Penilaian

Prosedur:

Tes awal: ada

Tes dalam proses: ada

Tes akhir: ada

Jenis: Tugas / penilaian kinerja dalam bentuk komunikasi lesan

Penilaian difokuskan pada pemahaman siswa terhadap berbagai macam makanan hewan baik yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Antara lain: biji-bijian dan buah-buahan, daun-daunan atau rumput-rumputan, umbi-umbian, nektar, dan tanaman berduri, daging, susu, kotoran hewan, atau bangkai.

  • Penilaian juga difokuskan pada keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab, atau keberanian dalam mengemukakan pendapat, dan kelogisan berpikir.
  • Penilaian juga difokuskan pada siswa yang tidak aktif, dan memiliki keterbatasan dalam mengekspresikan gagasan secara lisan, sehingga bukan siswa yang aktif saja yang memperoleh nilai, namun siswa yang pasif juga dapat dinilai pemahamannya.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s