STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL ( SKBM )

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL ( SKBM )

ATAU  KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

PENGERTIAN

•   SKBM adalah ; Tingkat pencapaian kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa per mata pelajaran.

•   Siswa yang belum mencapai SKBM dikatakan belum tuntas.

MANFAAT SKBM

•        Sekolah / guru / siswa memiliki patokan yang jelas dalam menentukan ketuntasan.

•        Adanya keseragaman batas ketuntasan setiap mata pelajaran pada kelas pararel.

RAMBU – RAMBU

•         SKBM ditetapkan pada awal tahun.

•         SKBM ditetapkan oleh guru.

•         Nilai SKBM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0-100.

•         Nilai ketuntasan belajar maksimaal 100.

•         Sekolah dapat menetapkan SKBM dibawah nilai ketuntasan maksimal.

•         Nilai SKBM harus dicantumkan dalam LHBS/ rapor .

•         SKBM diinformasikan kepada warga sekolah dan orang tua siswa.

MEKANISME

•         Penetapan nilai SKBM dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimal pada setia indikator.

•         SKBM kompetensi dasar didapat dengan merata-rata SKBM semua indikator pada KD yang terkait.

•         SKBM SK merupakan rata-rata SKBM KD yang terdapat pada setiap SK

•         Nilai SKBM mata pelajaran merupakan rata-rata ketuntasan belajar setiap SK pada tingkat kelas yang bersangkutan.

•         Penetapan SKBM dilakukan dengan menggunakan format A.

KRITERIA PENETAPAN SKBM

•        Tingkat essenssial / kepentingan

•        Kompleksitas / kesulitan dan kerumitan.

•        Daya dukung

•        Intake siswa

•        Kemampuan guru

INDIKATOR ESSENSIAL

1.   Sangat essensial

•         Bermakna dan bermanfaat untuk mencapai indikator lain.

•         Bermakna dan bermanfaat untuk pembekalan kecakapan hidup.

•         Mampu mewakili indikator lain

2. Cukup essensialMendukung indikator kunci dalam pencapaian indikator berikutnya& pembeklan kecakapan hidup

KOMPLEKSITAS

•         Kompleksitas tinggi bila harus dicapai oleh siswa dengan tuntutan sbb:

•         Menuntut kreativitas dan inovasi yang tinggi oleh siswa.

•         Waktu cukup lama karena perlu pengulangan.

•         Perlu kecermatan dan penalaran yang tinggi oleh siswa.

•         Menuntut sarpras yang cukup demi tercapainya KD .

DAYA DUKUNG

•        Ketersediaan tenaga,

•        Sarpras pendidikan,

•        Biaya,

•        Menejemen sekolah,

•        Kepedulian stakeholders sekolah

INTAKE SISWA

SKBM didasarkan pada :

•        Hasil seleksi

•        Nilai raport kelas dibawahnya

•        Psikotes

KEMAMPUAN GURU

SKBM  DIDASARKAN PADA :

  • Penguasaan guru terhadap KD : sangat menguasai, cukup menguasai, kurang menguasai
  • Penguasaan metode dalam menyampaikan KD ( strategi )
  • Ketertarikan guru terhadap KD

ANALISIS SKBM PER KOMPONEN

DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN DALAM PENETUAN SKBM / KKM

ESENSIAL / URGENSI

INDIKATOR

JAWABAN

ALTERNATIF

Urgensi : Mutlak harus dikuasai siswa Kontinuitas : Lanjutan dari kd lain Relevnsi : ada digunakan sbg pendalaman materi maple lain Keterpakaian : Mempunyai nilai terapan tinggi ( life Skiil )

PROSENTASE

( % )

JAWABAN

ALTERNATIF

YA YA YA YA 71 – 100
YA YA YA TIDAK 61 – 70
YA YA TIDAK TIDAK 51 –60
YA TIDAK TIDAK TIDAK 41 – 50
DST

KOMPLEKSITAS

INDIKATOR

JAWABAN

ALTERNATIF

Menuntut kreativitas tinggi oleh siswa Membutuhkan waktu yang lama Perlu penalaran dan penalaran tinggi oleh siswa Menuntut sarpras yang memadai

PROSENTASE

( % )

JAWABAN

ALTERNATIF

YA YA YA YA 41 – 50
YA YA YA TIDAK 51 –60
YA YA TIDAK TIDAK 61 –70
YA TIDAK TIDAK TIDAK 71 – 100
DST

DAYA DUKUNG

INDIKATOR

JAWABAN

ALTERNATIF

Tersedia tenaga guru yang kelas/mapel Didukung sarpras yang cukup didukung dana yang memadai Didukung menejemen SD yang baik Ada dukungan komite sekolah/wali siswa

PROSENTASE

( % )

JAWABAN

ALTERNATIF

YA YA YA YA YA 81-100
YA YA YA YA TIDAK 71-80
YA YA YA TIDAK TIDAK 61-70
YA YA TIDAK TIDAK TIDAK 51-60
YA TIDAK TIDAK TIDAK TIDAK 41-50

INTAKE SISWA

INDIKATOR

JAWABAN

ALTERNATIF

Nilai rata – rata yang berhubungan dg Kd baik/Nilai rapot KD memiliki daya tarik dengan minat siswa KD mudah untuk dipahami oleh siswa KD sukar untuk dipahami oleh siswa

PROSENTASE

( % )

JAWABAN

ALTERNATIF

YA YA YA YA 75 – 100
YA YA YA TIDAK 61 – 70
YA YA TIDAK TIDAK 51 – 60
YA TIDAK TIDAK TIDAK 41 –50
DST

KEMAMPUAN GURU

INDIKATOR

JAWABAN

ALTERNATIF

Guru sangat menguasai KD Ybs

( 100 % )

Guru cukup menguasai dg KD Ybs

( 80 % )

Guru kurang  menguasai dg KD Ybs

( 60 % )

Guru punya strategi yang baik Terhadap KD Ybs Guru tertarik dg KD Ybs

PROSENTASE

( % )

JAWABAN

ALTERNATIF

YA YA YA 71-100
YA YA YA 61-70
YA YA YA 51-60
Ya YA TIDAK 41-50
TIDAK TIDAK TIDAK 31-40

ANALISA AKHIR PENENTUAN SKBM

MATA PELAJARAN PKn KELAS 1   SEMESTER 1

NO

KD

INDIKATOR SKBM

ESEENSIAL KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA KEMAMPUAN GURU Rata/rata
1.1 70 55 65 65 70 66
1.2 75 50 60 60 75 64
1.3 60 55 80 65 75 68
2.1 70 60 65 70 70 67
2.2 70 55 70 65 75 67
65,4

Kesimpulan :

Nilai SKBM/KKM untuk Mapel PKn  KELAS 1 SEMESTER 1 : 65,4

DAN SETERUSNYA, ( BUAT PERMAPEL DAN PERSEMESTER )

HASIL REKAP SKBM PERMAPEL DISERAHKAN KE TIM PENYUSUN KTSP UNTUK DIMASUKAN KE SKBM SATUAN PENDIDIKAN.

NO

KD

INDIKATOR SKBM

ESEENSIAL KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA KEMAMPUAN GURU Rata/rata
1.1 71
1.2
1.3
1.4
About these ads

6 responses to “STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL ( SKBM )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s