RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
Kompetensi Dasar : Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang
digunakan
Indikator : – Menjelaskan keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan apabila
sumber daya alam digunakan tidak bijaksana.
- Menjelaskan keuntungan dan kerugian pengelolaan sumber daya alam
dengan teknologi yang digunakan
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa mampu menjelaskan keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan apabila sumber daya
alam digunakan tidak bijaksana.
- Siswa mampu menjelaskan keuntungan dan kerugian pengelolaan sumber daya alam dengan
teknologi yang digunakan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Dampak negatif pengelolaan sumber daya alam.
C. METODE / TEKNIK PEMBELAJARAN
a. Metode : tanya jawab, demonstrasi, tugas, diskusi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan awal (5 menit)
- Menyiapkan bahan dan alat-alat yang digunakan.
- Tanya jawab pelajaran yang lalu.
b. Kegiatan Inti:
- Guru membagi kelompok.
- Diskusi kelompok tentang keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan apabila sumber
daya alam digunakan tidak bijaksana.
- Memberi rangkuman.
c. Kegiatan Akhir::
- Guru memberi penguatan atas hasil kerja siswa.
- Pekerjaan rumah.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab pelajaran yang lalu
b. Kegiatan inti
- Membagi kelompok
- Diskusi kelompok tentang keuntungan dan kerugian pengelolaan sumber daya alam
dengan teknologi yang digunakan.
- Laporan hasil diskusi, merangkum.
c. Kegiatan Penutup:
- Perbaikan dan hasil diskusi kelompok.
- Pemberian tugas
E. SUMBER BAHAN
- IPA Erlangga
- IPA Paket
- IPA Mediatama
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Tertulis
2. Bentuk Instrumen:
- Uraian terbatas
Contoh Instrumen:
- Sebutkan keuntungan dan kerugian apabila sumber daya alam digunakan tidak bijaksana!
- Sebutkan keuntungan dan kerugian pengetahuan sumber daya alam dengan teknologi yang
digunakan!

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab: beri contoh kerusakan alam
b. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan tentang dampak negatif pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan.
- Siswa mendiskusikan tentang dampak negatif pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan.
- Membuat rangkuman
c. Kegiatan Penutup:
- Guru memberi penguatan atas hasil kerja siswa.
- Pemberian tugas (PR)
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
Sebutkan contoh dampak negatif pengambilan bahan alam terhadap lingkungan.
b. Kegiatan Inti:
- Guru menjelaskan tentang cara mengatasi dampak negatif pengambilan bahan alam.
- Siswa mendiskusikan tentang cara mengatasi dampak negatif pengambilan bahan alam.
- Laporan hasil diskusi.
- Membuat rangkuman.
c. Kegiatan Penutup:
- Perbaikan dari hasil diskusi kelompok
- Pemberian tugas (PR)
G. SUMBER BAHAN
- Buku Pelajaran IPA
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Tertulis, lisan
2. Bentuk Instrumen:
- Uraian terbatas
Contoh Instrumen:
- Sebutkan dampak positif tentang pengambilan bahan alam terhadap lingkungan!
- Sebutkan dampak negatif tentang pengambilan bahan alam terhadap lingkungan!
- Jelaskan cara mengatasi dampak negatif pengambilan bahan alam!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s