RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyebutkan isi dongeng

Indikator                                : – Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

- Mengemukakan sifat tokoh dalam dongeng

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memahami isi dongeng yang didengar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Dongeng
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Memperhatikan dan tanya jawab tentang gambar di hal 2

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan dongeng yang dilisankan/dibacakan
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menyebutkan/menuliskan isi dongeng
  • Mengungkapkan pendapat dan alasan tentang tokoh dongeng

Kegiatan Akhir

Penguatan kepada siswa (pesan dan amanah)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 2 – 3
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PENDIDIKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

Indikator                                : – Melakukan percapakan sederhana sesuai tema

-      Menyampaikan hal-hal yang diminati, diinginkan, dan dicit-citakan dengan percaya diri

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memperagakan teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang benar

  1. Metode                            : Ceramah, Peragaan
  2. Materi                              : Teks percakapan, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru memberi contoh membaca teks percakapan siswa menirukan

Kegiatan Inti

  • Memperagakan percakapan secara berpasangan
  • Menjawab pertanyaan secara lisan
  • Mengungkapkan keinginnan secara lisan
  • Bertanya jawab secara berpasangan/kelompok

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                       : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 4 – 6
  2. Penilaian                    : Lisan dan Penampilan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PENDIDIKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang tepat

-      Menceritakan kembali isi bacan dengan melengkapi kalimat

-      Menyatakan pendapat

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang tepat

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks bacaan
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Menirukan guru membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Kegiatan Inti

  • Membaca teks bacaan  dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Melengkapi kalimat sesuai isi bacan
  • Menyatakan pendapat (benar atau salah)

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi bacaan (pesan dan amanah)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 6 – 8
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PENDIDIKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Mengenal huruf sambung

-      Menebalkan huruf sambung

-      Menulis kalimat yang didiktekan guru

-      Mengenal huruf kapital

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Menulis huruf tegak bersambung dengan rapi

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Menyanyi “Nama-nama Hari”

Kegiatan Inti

  • Mengenal huruf melalui nyanyian
  • Menebalkan bentuk huruf dalam kata dan kalimat
  • Menyalin kalimat yang didiktekan guru
  • Memahami huruf kapital

Kegiatan Akhir

Menyelesaikan soal latihan 5

  1. Sumber                       : Bina Bahasa Indonesia  B hal 8 – 14
  2. Penilaian                    : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERISTIWA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

Indikator                                : – Menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai dengan deskripsi guru

-      Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Mendeskripsikan benda-benda di sekitar

  1. Metode                            : Ceramah, Peragaan
  2. Materi                              : Gambar, Teks deskripsi
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Menyebutkan benda-benda yang ada di kelas dan sekitarnya

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan deskripsi/cerita guru
  • Menebak/menyebutkan benda atau nama sesuai deskripsi
  • Mengulang deskripsi guru
  • Mendeskripsikan benda dengan kata-kata sendiri sesuai gambar/pengamatan

Kegiatan Akhir

Menugaskan siswa mencatat nama benda di rumah

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 18 – 19
  2. Penilaian                          : Lisan dan Penampilan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERISTIWA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

Indikator                                : Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Bercerita sesuai gambar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Gambar tunggal, Gambar seri
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang gambar

Kegiatan Inti

  • Melengkapi kalimat sesuai dengan isi gambar tunggal
  • Menjelaskan isi gambar yang telah ditulis
  • Menjelaskan isi gambar seri dengan kata-kata sendiri
  • Menjelaskan peristiwa yang dialami sendiri

Kegiatan Akhir

Menceritakan pengalaman yang pernah dialami

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 19 – 21
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERISTIWA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang benar

-      Menjawab pertanyaan bacaan

-      Menceritakan isi bacaan

-      Membaca berpasangan

-      Membuat pertanyaan

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang benar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan, Tanya jawab
  2. Materi                              : Teks bacaan, Kalimat tanya
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Mendengarkan guru membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Kegiatan Inti

  • Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan melalui kegiatan melengkapi kalimat
  • Membaca cerita singkat secara berpasangan
  • Mengajukan pertanyaan tentang isi cerita

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 21 – 24
  2. Penilaian                          : Lisan, Peragaan, dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERISTIWA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menulis huruf tegak bersambung

-      Menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Menyebutkan ciri-ciri tanaman buah-buahan

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Syair lagu, Puisi anak
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Menyanyi “Tipis Tebal”

Kegiatan Inti

  • Mengenal cara menulis tegak bersambung melalui nyanyian
  • Membaca puisi anak dengan ekspresi yang wajar
  • Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
  • Menyalin puisi anak dengam huruf tegak bersambung

Kegiatan Akhir

Bersama-sama menyebutkan tanaman buah

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 24 – 32
  2. Penilaian                          : Tertulis dan Penampilan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KEBERSIHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyebutkan isi dongeng

Indikator                                : – Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri

-      Memahami isi dongeng

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memahami isi dongeng yang didengar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Dongeng tentang binatang
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru bercerita tentang bersahabat itu perbuatan terpuji

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan dongeng yang dilisankan
  • Menyebutkan isi dongeng
  • Mengerjakan soal sesuai isi dongeng

Kegiatan Akhir

Guru menyimpulkan isi dongeng (pesan dan amanah)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 36 – 37
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KEBERSIHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang sesuatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana

Indikator                                : – Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu benda

-      Memberikan alasan mengapa suatu benda dan kegiatan disukai atau tidak disukai

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Menyebutkan rasa suka atau tidak suka terhadap kegiatan

  1. Metode                            : Ceramah, Bermain peran
  2. Materi                              : Teks percakapan berisi ungkapan rasa suka/tidak suka, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru tanya jawab tentang makanan dan kegiatan yang disukai dan tidak disukai

Kegiatan Inti

  • Memperagakan percakapan secara berpasangan
  • Menjawab pertanyaan
  • Mengungkapkan kesukaan atau ketidaksukaan disertai alasan sesuai gambar
  • Mengemukakan alasan mengapa suka atau tidak suka

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 37 – 40
  2. Penilaian                          : Penampilan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KEBERSIHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang benar

-      Menyanyikan puisi

-      Melengkapi kalimat sesuai isi puisi

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Terampil mendeklamasikan puisi

  1. Metode                            : Tanya jawab, Penugasan
  2. Materi                              : Syair lagu (puisi)
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru tanya jawab tentang anak yang rajin membantu ibu

Kegiatan Inti

  • Membaca bacaan dan syair lagu
  • Menjawab pertanyaan
  • Melengkapi kalimat tentang isi lagu/puisi
  • Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi puisi (pesan dan amanah puisi)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 40 – 42
  2. Penilaian                          : Perbuatan dan Lisan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KEBERSIHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung

-      Menceritakan gambar secara tertulis

-      Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Kalimat, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru bercerita tentang orang sakit

Kegiatan Inti

  • Meyalin kalimat yang tersedia dengan huruf tegak bersambung
  • Melengkapi kalimat sesuai gambar
  • Menyalin kalimat yang didiktekan guru

Kegiatan Akhir

Mengerjakan soal latihan 5

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 42 – 48
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

BUDI PEKERTI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyebutkan isi dongeng

Indikator                                : – Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

-      Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memahami isi dongeng yang didengar

  1. Metode                      : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
  2. Materi                        : Kalimat, Gambar
  3. Pengalaman Belajar   :

Kegiatan Awal

Guru bercerita tentang perbuatan sombong

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan dongeng
  • Menjawab pertanyaan
  • Melengkapi kalimat sesuai dengan dongeng
  • Menceritakan kembali

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi dongeng (amanah/pesan, nilai moral yang perlu/tidak perlu ditiiru)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 52 – 53
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

BUDI PEKERTI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

Indikator                                : – Bermain peran

-      Membuat kalimat

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memerankan tokoh dengan ekspresi yang benar

  1. Metode                            : Penugasan, Bermain peran, Tanya jawab
  2. Materi                              : Teks percakapan, Gambar, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru membuat kelompok sesuai dengan tokoh dalam percakapan

Kegiatan Inti

  • Memperagakan percakapan sesuai gambar dan teks yang tersedia
  • Mencocokkan gambar dengan kalimat yang sesuai kemudian memperagakannya
  • Mendiskusikan suatu gambar lalu membuat kalimat yang sesuai menggunakan kata-kata yang ada/tersedia

Kegiatan Akhir

Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 54 – 57
  2. Penilaian                          : Lisan, Tertulis, dan Peragaan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

BUDI PEKERTI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca puisi dengan ekspresi yang benar

-      Membuat pertanyaan sesuai jawaban yang telah disediakan

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Trampil membacakan puisi dengan ekspresi yang tepat

  1. Metode                            : Ceramah, Peragaan
  2. Materi                              : Puisi anak, Kalimat jawaban, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru tanya jawab tentang bunga

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan pembacaan puisi anak kemudian siswa membaca puisi itu dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Membuat kalimat tanya sesuai dengan kalimat jawabannya

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi puisi

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 57 – 58
  2. Penilaian                          : Peragaan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

BUDI PEKERTI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menyalin puisi

-      Memilih jawaban yang sesuai

-      Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Trampil menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Puisi anak, Kalimat, Kalimat tanya, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru menjelaskan cara menulis huruf kapital tegak bersambung

Kegiatan Inti

  • Menyalin puisi anak menggunakan huruf tegak bersambung
  • Melengkapi kalimat dengan pilihan kata yang tersedia kemudian membacanya dengan intonasi yang tepat
  • Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat

Kegiatan Akhir

Menyelesaikan soal latihan 5

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 58 – 62
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KELUARGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyebutkan isi dongeng

Indikator                                : – Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isinya

-      Memerankan sifat tokoh dalam dongeng

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memerankan tokoh dongeng yang didengar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Dongeng, Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru menceritakan pentingnya berkawan

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru atau siswa
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng
  • Menyebutkan isi dongeng
  • Memeranklan tokoh dongeng

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi puisi

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 66
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KELUARGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : – Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

-      Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai

Indikator                                : – Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan

-      Membuat percakapan sesuai gambar

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memerankan tokoh dalam percakapan dengan benar

  1. Metode                            : Bermain peran, Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks percakapan, Kalimat pertanyaan, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru menceritakan dan memperagakan cara menyapa orang lain

Kegiatan Inti

  • Memperagakan teks percakapan dengan teman di depan kelas
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi percakapan
  • Melengkapi percakapan kemudian memperagakannya secara berpasangan sesuai maksud gambar

Kegiatan Akhir

Guru menceritakan perlunya meminta maaf jika bersalah

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 67 – 69
  2. Penilaian                          : Perbuatan, Lisan, dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KELUARGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : – Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

-      Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang tepat

-      Membaca puisi dengan ekspresi yang benar

-      Menceritakan kembali isi bacaan

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang tepat

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks bacaan, Kalimat pertanyaan, Puisi/Syair lagu
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Memperhatikan dan tanya jawab gambar

Kegiatan Inti

  • Membaca bacaan dengan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
  • Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
  • Membaca puisi atau syair lagu dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran dan menyanyi ”Sayang Semuanya”

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 69 – 71
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KELUARGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menyalin kalimat

-      Menulis kalimat sesuai dengan yang didiktekan guru

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Menulis kalimat yang diucapkan guru dengan huruf tegak bersambung

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Membaca kalimat-kalimat yang akan disalin

Kegiatan Inti

  • Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
  • Menyalin kalimat yang diucapkan guru dengan huruf tegak bersambung

Kegiatan Akhir

  • Membaca kembali kalimat yang telah ditulis secara kelompok
  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 72 – 76
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

LINGKUNGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

Indikator                                : – Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirinya

- Menirukan atau mengulang deskripsi benda sesuai dengan deskripsi guru

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Menyebutkan nama benda sesuai dengan ciri-cirinya

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Deskripsi benda-benda, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Membuat kelompok, tiap kelompok terdiri dari tiga orang

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan penjelasan guru tentang benda-benda
  • Menjelaskan kembali benda-benda yang dijelaskan guru

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 80
  2. Penilaian                          : Lisan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

LINGKUNGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

Indikator                                : – Menjelaskan isi gambar dan memperagakan

-      Bertanya jawab nama benda serta kegunaannya

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil mendeskripsikan gambar

  1. Metode                            : Ceramah, Peragaan
  2. Materi                              : Gambar, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang gambar

Kegiatan Inti

  • Memperagakan sesuai dengan maksud gambar dan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
  • Menyebutkan nama benda beserta kegunaannya
  • Mengelompokkan gambar sesuai dengan jenisnya

Kegiatan Akhir

Membaca nama-nama gambar yang telah dikelompokkan

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 80 – 82
  2. Penilaian                          : Tertulis dan Perbuatan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

LINGKUNGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang tepat

-      Menjawab pertanyaan

-      Mencari lawan kata

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang benar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks pendek, Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Siswa diminta memperhatikan dengan baik-baik guru membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat

Kegiatan Inti

  • Membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
  • Melengkapi kalimat dengan lawan kata yang bercetak tebal

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 82 – 84
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

LINGKUNGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung

-      Membuat kalimat

-      Menyalin cerita

-      Menulis kalimat sesuai dengan yang dibacakan guru

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Membuat kalimat dengan tulisan tegak bersambung

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Kalimat, Kata-kata acak
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru dan murid membaca kalimat yang akan disalin

Kegiatan Inti

  • Menyalin kembali kalimat
  • Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat kemudian menuliskannya menggunakan huruf tegak bersambung
  • Menyusun kalimat menjadi cerita kemudian menuliskannya menggunakan huruf tegak bersambung
  • Mendengarkan kalimat yang dibacakan guru kemudian menyalinnya dengan huruf tegak bersambung

Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan materi pelajaran
  • Menyelesaikan soal latihan V
  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 2 B hal 84 – 88
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERMAINAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

Indikator                                : – Menyebutkan nama benda sesuai dengan penjelasan guru

- Mendeskripsikan benda sesuai gambar

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil mendeskripsikan benda-benda disekitar

  1. Metode                            : Ceramah, Tanya jawab
  2. Materi                              : Deskripsi benda-benda, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada disekitar

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan penjelasan guru tentang benda-benda kemudian menebak nama benda itu
  • Menjelaskan kembali benda-benda yang disebutkan di depan kelas
  • Menjelaskan benda yang ada di gambar

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 94
  2. Penilaian                          : Lisan

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERMAINAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 :- Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

-      Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang sesuatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana

Indikator                                : – Menjelaskan isi gambar tunggal

-      Bertanya jawab dengan teman tentang gambar tersebut

-      Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Menyatakan rasa suka/tidak suka terhadap sesuatu

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Gambar, Kalimat tentang dskripsi sesuatu benda
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang kesukaan murid dan alasannya

Kegiatan Inti

  • Menjelaskan isi atau maksud gambar secara lisan
  • Menjelaskan ciri-ciri suatu benda lalu siswa yang lain menebaknya
  • Mengamati gambar kemudian menyampaikan rasa suka atau tidak suka disertai alasannya
  • Memilih nama permainan yang disukai atau tidak disukai beserta alasannya

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 95 – 97
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERMAINAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang tepat

-      Menjawab pertanyaan

-      Mencari lawan kata

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil membaca lancar dengan lafal dan intonasi yang tepat

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks bacaan, Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang permainan yang disukai

Kegiatan Inti

  • Membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan
  • Melengkapi kalimat dengan lawan kata yang bercetak tebal

Kegiatan Akhir

Menyanyi lagu ”Layang-layang”

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 98 – 99
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

PERMAINAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menuliskan kata pada kalimat yang belum lengkap sesuai gambar

-      Menyalin syair lagu

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Melengkapi kalimat sesuai gambar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Gambar, Puisi (lagu), Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang kegemaran

Kegiatan Inti

  • Melengkapi kalimat sesuai dengan maksud gambar
  • Menyanyikan lagu atau puisi bersama-sama
  • Menyalin kembali syair lagu menggunakan huruf tegak bersambung
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi puisi
  • Melengkapi kalimat sesuai gambar

Kegiatan Akhir

Menyelesaikan soal latihan 5

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 99 – 104
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KESEHATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Mendengarkan

Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : Menyebutkan isi dongeng

Indikator                                : – Mendengarkan dongeng

-      Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

-      Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memahami isi dongeng yang didengar

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Dongeng, Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Bertanya jawab tentang hewan yang hidup di hutan

Kegiatan Inti

  • Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan cermat
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi dongeng
  • Melengkapi dongeng dengan kata yang tepat
  • Menceritakan kembali isi dongeng menggunakan kata-kata sendiri

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi dongeng (amanat dan pesan)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 108 – 109
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KESEHATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

Kompetensi Dasar                 : – Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

-      Memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang sesuai

Indikator                                : – Memerankan tokoh

-      Melakukan percakapan

-      Menyampaikan hal-hal yang diinginkan

-      Menjelaskan isi gambar

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Memerankan tokoh dalam percakapan dengan ekspresi yang benar

  1. Metode                            : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
  2. Materi                              : Teks percakapan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Tanya jawab tentang kesehatan

Kegiatan Inti

  • Memerankan tokoh dongeng
  • Memperagakan percakapan dengan teman
  • Mengungkapkan keinginan secara lisan disertai alasannya
  • Melengkapi cerita berdasarkan gambar kemudian menceritakannya di depan kelas
  • Memilih salah satu kalimat dan memperagakannya secara bergantian

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan materi pelajaran

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 109 – 111
  2. Penilaian                          : Tertulis dan Bermain peran

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KESEHATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                 : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

Indikator                                : – Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat

-      Menjawab pertanyaan

-      Memilih jawaban yang tepat

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

- Trampil membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Teks bacaan, Kalimat pertanyaan, Kalimat
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Memperhatikan gambar dan tanya jawab berdasarkan gambar

Kegiatan Inti

  • Membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
  • Melengkapi kalimat dengan jawaban yang tepat dari kata-kata yang tersedia

Kegiatan Akhir

Menyimpulkan isi bacaan (amanat dan pesan)

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 112 – 113
  2. Penilaian                          : Lisan dan Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

KESEHATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      : 1/II

Alokasi Waktu                       :

Standar Kompetensi              : Menulis

Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar                 : Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator                                : – Menyalin kalimat sesuai contoh

-      Melengkapi kalimat sesuai gambar

-      Menulis kalimat sesuai yang didiktekan guru

  1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat :

-      Trampil menulis kalimat yang dibacakan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi

  1. Metode                            : Ceramah, Penugasan
  2. Materi                              : Kalimat, Gambar
  3. Pengalaman Belajar         :

Kegiatan Awal

Guru mengajak siswa menulis di udara kalimat yang akan disalin

Kegiatan Inti

  • Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
  • Menuliskan nama benda dan kegunaannya berdasarkan gambar dengan huruf tegak bersambung
  • Melengkapi kalimat sesuai dengan maksud gambar
  • Mendengarkan kalimat yang dibacakan guru dan menuliskannya dengan huruf tegak bersambung

Kegiatan Akhir

Menyelesaikan soal latihan 5

  1. Sumber                            : Bina Bahasa Indonesia 1 B hal 113 – 120
  2. Penilaian                          : Tertulis

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,

____________________                                                                 ____________________

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s