Organisasi dalam kelas

Pengaturan Ruang
Cara untuk mengatur ruang :

  1. Sediakan tempat khusus untuk masing-masing barang. Pakailah wadah khusus, map berwarna, dan boks yang ditandai dengan label untuk menunjukkan koleksi buku atau kertas kerja. Kantong sepatu yang digantung di dinding bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan barang.
  2. Kurangilah kekusutan di meja anda. Bersihkan meja anda dari tumpukan kertas. Maksimalkan meja sebagai tempat kerja.
  3. Hindari menimbun rencan dan materi pelajaran yang sudah lama dan tidak dipakai lagi. Buanglah kertas –kertas kerja atau lembaran kerja yang sudah tidak terpakai lebih dari enam bulan.
  4. Simpanlah folder arsip untuk masing-masing siswa secara terpisah; masukkan segera segala data yang berhubungan dengan siswa ke dalam arsip tersebut. Pisahkan arsip-arsip tersebut setiap bulan.
  5. Pasanglah papan untuk menempelkan catatan yang bersifat pribadi di dekat meja anda. Tempelkan semua surat segera setelah anda terima. Lakukan ini setiasp minggu, sisihkan atau tanggapi mereka segera.
  6. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengatur dan membersihkan bagian-bagian ruang tertentu secara teratur.
  7. Gunakan sistem folder masuk/keluar untuk tugas-tugas. Pisahkan masing-masing hal dengan pembatas berwarna, dan letakakan folder tersebut di dalam rak atau meja (bukan meja kerja anda). Jangan menerima dan menyimpan lembaran tugas ditempat lain.
  8. Sediakan tempat khusus dalam ruangan anda untuk meletakkan hal-hal yang terkait dengan pekerjaan hari itu, misalnya lembar kerja atau ringkasan materi. Sebelum meninggalkan sekolah pindahkan semua lembar kerja yang sudah tidak diperluakan ke tempat lain dan letakkan materi untuk pelajaran hari berikutnya.
  9. Bersihkan interior mobil/jok motor secara berkala (guru cenderung menaruh semua miliknya di jok bagasi). Semakin rapi, semakin mengurangi kemungkinan stress. (khusus bagi yang punya mobil he…he…he…)

(sumber : Kathy Paterson)

Iklan

Satu pemikiran pada “Organisasi dalam kelas

  1. poin ke-2 kayaknya ga bisa dilakukan buat yang belum sertifikasi. karena harus 3 apa 5 semester alias 1,5 tahun atau 2,5 tahun (soory belum sertifikasi jadi ga tahu persisnya)

    kalau di lapangan sih… banyak sekolah yang ga menyediakan ruang kelas sebagai ‘hak’ seorang guru. guru cuma ‘mampir’ waktu mengajar. selebihnya, guru kembali ke ruang guru yang notabene menyediakan satu meja sederhana. kalau mau masuk kelas, baru deh buku2 dan media ajar dibawa ke mana2…

    kalo qt sebagai guru kelas kan otomatis ruang kelas iti milik kita (tp jgn dijual hee…hee…) trims atas kunjungannya...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s