PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI


PENDAHULUAN
Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa jenjang strata satu (S1) berdasarkan hasil penelitian lapangan, uji laboratorium, dan kepustakaan.
Pada dasarnya kaidah penulisan ilmiah, seperti tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi tidak ada perbedaan yang prinsip. Oleh karena itu, untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi digunakan pedoman penulisan yang sama.
Dalam penulisan karya ilmiah. Norma-norma yang harus diperhatikan dan ditaati antara lain menyangkut pengutipan dan perujukan, perizinan terhadap bahan yang digunakan, penyebutan sumber data atau informan, serta kaidah selingkung seperti bentuk dan format, struktur isi, ukuran kertas dan huruf, serta bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD).
Dalam penulisan karya ilmiah, penulis harus secara jujur menyebutkan rujukan bahan atau pikiran yang diambil dari sumber atau orang lain. Pemakaian bahan atau pikiran dari sumber atau orang lain tanpa disertai rujukan termasuk kecurangan atau pencurian karena mengakui tulisan, temuan atau hasil pemikiran orang lain sebagai karya intelektualnya sendiri. Penulis karya ilmiah harus menghindarkan diri dari kegiatan plagiat.
Penulis karya ilmiah harus meminta izin, jika menggunakan bahan dari seseorang atau sumber milik orang lain (sebaiknya secara tertulis). Jika pemilik bahan tidak dapat dijangkau, penulis harus menyebutkan sumbernya dan menjelaskan apakah bahan itu diambil secara utuh, sebagian, dimodifikasi atau dikembangkan.
Nama narasumber atau informan perlu dipertimbangkan untuk tidak disebutkan kalau pencantumannya dapat merugikan narasumber atau informan yang bersangkutan. Sebagai gantinya nama narasumber atau informan itu dapat diganti dengan kode tertentu.
Setelah pendahuluan ini, diuraikan secara berturut-turut format dan tata tulis skripsi dan tugas akhir. Penyajian uraian ini didasari anggapan bahwa sosok skripsi dan tugas akhir pada dasarnya sama dengan karya ilmiah lainnya. Oleh karena itu, uaraian itu menggunakan pola umum yang berlaku dan bagian-bagian yang berbeda sebagai ciri khas kaidah selingkung. Skripsi dan tugas akhir merupakan karya ilmiah yang ditujukan untuk konsumsi masyarakat akademik. Oleh karena itu, penulisan karya ilmiah ini cenderung teknis dan baku, baik format maupun tata tulisnya.

FORMAT SKRIPSI
Struktur atau bentuk skripsi dan tugas akhir dapat dirinci menjadi tiga bagian, yakni bagian awal, bagian pokok dan bagian akhir. Bagian awal dimulai dari sampul sampai dengan halaman sebelum bab pendahuluan. Bagian pokok dimulai dari pendahuluan (Bab I) sampai dengan penutup (Bab V) dan sesudah itu merupakan bagian akhir.
A. Bagian Awal
Bagian awal skripsi dan tugas akhir terdiri atas sampul, lembar kosong berlogo universitas bergaris tengah 3 cm, lembar judul, lembar persetujuan pembimbing yang diketahui ketua jurusan, lembar pengesahan penguji yang diketahui Dekan, lembar pernyataan, lembar motto dan persembahan (tidak wajib), sari (abstrak) dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris, prakata, daftar isi, daftar singkatan dan tanda teknis (kalau ada), daftar label (kalau ada), daftar gambar (kalau ada) dan daftar lampiran (kalau ada).
Lembar bagian awal ini diberi nomor halaman dengan huruf romawi kecil pada kaki, halaman bagian tengah. Penghitungan nomor halaman dimulai dari lembar judul (bukan sampul) sampai dengan lembar sebelum bab pendahuluan, tetapi yang diberi nomor mulai dari lembar abstrak.
1. Sampul
Pada sampul bagian tengah atas terdapat logo universitas bergaris tengah 3 cm. di bawahnya dituliskan judul dengan huruf kapital tebal berukuran 16 pt font Times New Roman. Di bawahnya terulis SKRIPSI yang dicetak dengan huruf kapital tebal berukuran 14 pt font Times New Roman, diikuti pada baris berikutnya dengan kalimat yang berbunyi Untuk memperoleh gelar sarjana …. (isi nama program studi) pada nama universitas ukuran huruf 12 pt font Times new Roman.
Di bawahnya dituliskan dengan huruf berukuran 17 pt font Times New Roman kata : Oleh (tanpa tanda baca), di bawahnya lagi dituliskan Nama dan di bawahnya lagi NIM mahasiswa. Pada kaki halaman dituliskan dengan huruf kapital tebal berukuran 25 pt font Times New Roman secara berturut-turut nama : Fakultas …….., Jurusan …………. dan Tahun Ujian Skripsi (tulis angka tahun), masing-masing pada baris yang berbeda.
Semua tulisan pada halaman sampul menggunakan huruf tegak dan diatur secara simetris dengan komposisi yang serasi. Sampul dibuat dari bahan tebal.
Di punggung sampul dibubuhkan Logo (berdiri), Nama dan NIM (memanjang), Judul (memanjang), serta tulisan skripsi atau tugas akhir dan tahun dengan menggunakan huruf berukuran 10 pt font Times New Roman.
2. Lembar Berlogo
Lembar kosong berlogo merupakan pembatas antara sampul dan halaman judul.
3. Halaman Judul
Lembar ini berisi tulisan seperti lembar sampul, dan dicetak pada kertas HVS putih dengan bobot terendah 80 gram.
4. Pernyataan Keaslian
Lembar ini berjudul PERNYATAAN (ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak) dan berisi pernyataan bahwa skripsi atau tugas akhir ini hasil karya (penelitian dan tulisan) sendiri, bukan buatan orang lain, dan tidak menjiplak karya ilmiah orang lain, baik sebagian maupun seluruhnya.
5. Persetujuan Pembimbing
Lembar ini berjudul PERSETUJUAN PEMBIMBING (ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak) dan berisi pernyataan berikut : Skripsi ini telah disetujui untuk diuji. Selanjutnya di bawahnya dicantumkan tempat pembutan (semarang, Jakarta dll) (disi tanggal, bulan dan tahun persetujuan) dan di bawahnya disediakan tempat untuk tanda tangan pembimbing dengan dicantumkan nama pembimbing lengkap dengan gelar dan NIP-nya dan diketahui Ketua jurusan.
Pengesahan Kelulusan
Lembar ini berjudul PENGESAHAN KELULUSAN (ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak) dan berisi pernyataan berikut : skripsi atau tugas akhir ini telah dipertahankan di hadapan panitia penguji skripsi fakultas ……………….pada hari ……tanggal, nama, bulan dan tahun.
Selanjutnya disediakan tempat untuk tanda tangan Ketua dan anggota penguji, beserta nama lengkap dengan gelar dan NIP-nya serta diketahui Dekan.
6. Motto dan Persembahan
Jika ada, lembar ini berjudu MOTTO DAN PERSEMBAHAN (ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak). Motto merupakan ungkapan bijak untuk kehidupan, yang dipilih berkaitan dengan judul skripsi. Persembahan merupakan pernyataan bahwa karya ilmiah ini dipersembahkan kepada siapa atau apa.
7. Prakata
Lembar ini berjudul PRAKATA (ditulis pada bagian tengah dengan huruf kapital tegak). Dalam prakata boleh dikemukakan ungkapan puji syukur meskipun yang pokok adalah ucapan terima kasih dan penghargaan kepada orang-orang, lembaga atau lainnya yang langsung atau tidak langsung membantu pelaksanaan penelitian dan penulisan skripsi. Ucapan terima kasih kepada seseorang ditulis secara lugas, yaitu langsung menyebutkan nama beserta gelarnya, tanpa didahului kata sapaan seperti : Bapak/Ibu.
Dalam prakata tidak boleh ada pernyataan bahwa penulis yakin akan adanya banyak kesalahan atau kekurangan dalam skripsi atau tugas akhirnya dan atas dasar itu penulis meminta maaf, serta mengharap kritik dari pembaca. Jika penulis yakin bahwa dalam skripsi atau tugas akhir nya itu masih banyak kesalahan atau kekurangan, maka harus diperbaiki dulu sebelum ujian karena kesalahan ilmiah tidak dapat diselesaikan dengan permintaan maaf. Lagi pula harapan kritik itu tidak diperlukan sebab skripsi atau tugas akhir adalah karya ilmiah untuk diuji.
Teks prakata diketik dengan spasi rangkap, seperti halnya naskah bagian utama. Prakata tidak boleh lebih dari dua halaman. Pada akhir tes prakata dicantumkan nama kota tempat skripsi atau tugas akhir ditulis, tanggal, bulan dan tahun dengan jarak spasi 4 dari baris terakhir dan ditulis pada bagian bawah kanan. Di bawahnya ditulis kata Penyusun, tanpa disertai nama terang.
8. Abstrak
Lembar ini diberi judul Abstrak (ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak). Di bawahnya , dengan jarak spasi rangkap dicantumkan nama akhir penulis, diikuti tanda koma, lalu nama depan dan tengah (kalau ada), tahun lulus ujian, diikuti judul skripsi (ditulis miring), diikuti denag tulisan Sarjana … (diisi dengan nama Program Studi) Universitas ….., nama-nama pembimbing, dan ………….(diisi dengan jumlah halaman skripsi atau tugas akhir). Antara bagian yang satu dengan yang lain dipisah dengan tanda titik.
Pada baris baru berikutnya dicantumkan kata kunci : ……., (berkisar dari tiga sampai dengan lima kata) dengan jarak spasi rangkap.
Pada baris berikutnya, dengan jarak spasi rangkap ditulis teks abstrak dengan spasi satu. Isi sari meliputi latar belakang masalah, rumusan atau fokus masalah dan tujuan pendekatan dan metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, simpulan dan saran yang diajukan. Butir-butir itu hendaklah ditulis dalam paragraf yang berbeda, dengan tidak menolak kemungkinan untuk memecah butir tertentu untuk dituangkan dalam paragraf yang berbeda kalau diperlukan.
9. Daftar Isi
Dalam daftar isi dimuat judul-judul yang terdapat pada bagian awal skripsi atau tugas akhir mulai dari halaman judul sampai daftar …..(jika ada), bagian isi (pokok) skripsi mulai bab pertama sampai terakhir beserta subbab dan anak subbabnya masing-masing, dan judul-judul pada bagian akhir skripsi atau tugas akhir. Kecuali judul subbab dan anak subbab, semuanya diketik denga huruf kapital.
Judul-judul itu diikuti titik-titik sepanjang baris, diikuti nomor halaman tempat judul itu terdapat pada halaman lembar skripsi atau tugas akhir.
10. Daftar Singkatan dan Tanda Teknis
Daftar ini memuat singkatan teknis beserta kepanjangannya dan tanda teknis beserta makna atau penggunaannya. Singkatan dan tanda teknis jangan dicampur, tetapi bisa diketik dalam satu halaman karena keduanya mempunyai fungsi teknis yang sama, yakni untuk kemudahan.
11. Daftar Tabel
Daftar table memuat nomor dan judul table, diikuti titik-titik seperti pada daftar isi, lalu disusul nomor halaman tempat table terdapat dalam teks. Judul table yang lebih dari satu halaman diketik dengan spasi satu. Jarak antara judul tabel yang satu dengan yang lain dalam daftar ini satu setengah spasi.
12. Daftar Gambar
Cara membuat daftar gambar sama dengan cara membuat tabel.
13. Daftar Lampiran
Cara membuat daftar lampiran sama dengan cara membuat daftar tabel.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s