Cara menunjukkan rasa kasihan yang kuat

  1. Terus berika dorongan. Tanamkan harapan yang positif kepada orang lain dan berbagilah dengan mereka.
  2. Tersenyumlah dan rangkullah mereka secara tepat dan padukan kedual hal tersebut dengan kata-kata yang memberikan dorogan dan menguatkan mereka.
  3. Jangan henti-hentinya menunjukkan sikap sopan kepada semua siswa anda, dan tunjukkan sikap sopan anda itu di kelas dan di sekolah.
  4. Lakukan apa yang dianggap perlu untuk dilakukan supaya siswa merasa nyaman dan aman di ruangan anda dan bersama anda. Misalnya, biarkan pintu ruangan tetap dalam keadaan terbuka, atau jangan duduk terlalu dekat atau rapat dengan mereka.
  5. Izinkanlah atau biarkanlah siswa anda merasa memiliki pelajaran mereka, dalam pengertian bahwa anda melibatkan mereka untuk mengambil keputusan terhadap hal-hal yang berpengaruh terhadap mereka. Janganlah takut terhadap resiko karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk membuat keputusan.
  6. Tanamkan sikap menghargai atau menghormati orang lain, dengan meluangkan waktu mengenali mereka, menanyai, serta mendengarkan dengan seksama jawaban-jawaban mereka. Kembangkan kemampuan mereka untuk merasakan perasaan orang lain dengan belajar lebih dekat.
  7. Jaga watak dan ketenangan pikiran anada lebih-lebih di kala menghadapi situasi yang kacau dan mudah meledak.
  8. Hormatilah persahabatan diantara para siswa. Izinkanlah mereka duduk bersama, paling tidak pada saat-saat tertentu atau berikanlah tanggapan positif terhadap persahabatan mereka.
  9. Bukalah mata terhadap siapa pun yang mungkin sedang mengalami penderiataan atau kesuliatan, siswa yang sedang tidak berbahagia. Cobalah membantu dia, paling tidak dengan menjadi pendengar yang baik.
  10. Amatilah seobjektif mungkin semua situasi, seperti pertengkaran di tempat bermain atau ketidak cocokan teman sebaya di kelas, lalu buatlah keputusan berdasarkan minat anda.

Sumber : Katy Paterson

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s