Cara untuk mengembangkan kepercayaan diri

  1. Buatlah daftar kelebihan dan kelenahan anda secara terpisah. Tuliskan “KELEBIHAN” dan “KELEMAHAN” pada masing-masing daftar, lalu buatlah permainan. Misalnya, bila anda bagus dalam bidang kesenian, beranikan diri mengerjakan papan pengumuman. Tujukan permainan itu pada sisi kelemahan anda.
  2. Buatlah daftar sepuluh hal yang paling mungkin anda lakukan. Lalu mulailah menyortir, memilih atau menggantinya. (Hingga muncul hal yang paling anda yakini).
  3. Jagalah kesehatan dengan tidur, makan, dan olah raga secara proporsional. Minumlah banyak air setiap hari dan sediakan botol air di atas meja. Biasanya kemantapan fisik akan terasa terlebih dahulu sebelum keyakinan diri secara mental muncul.
  4. Jagalah supaya postur tubuh anda tampak bagus. Ini membuat anda merasa dan tampak yakin diri.
  5. Jagalah sikap positif dan tolaklah kritik yang tidak berguna, termasuk kalau kritik itu berasal dari diri sendiri.
  6. Dalam keadaan sadar diri, pusatkan perhatian anda pada suatu objek tertentu, misalnya sebuah pohon, kemudian pikirkan secara detail (bentuknya, gunanya, warnanya, teksturnya)
  7. Mintalah apa yang menjadi keinginan anda. Mungkin anda tidak mendapatka apa yang anda inginkan, tetapi dengan meminta berarti memperbaiki hal-hal yang bersifat merintangi.
  8. Praktikkan berfikir yang nyaman. Kalau keyakinan anda lambat, pikirkanlah tentang hal-hal, tempat-tempat, atau orang-orang yang dapat membuat anda merasa enak.
  9. Pakailah teknik relaksasi tubuh sepanjang hari. Lemaskan leher,bahu dsb. Bayangkan bahwa tubuh anda terdiri dari cairan yang mengandung sutra. Visualisasikan dan rasakan aliran lembut hangat yang naik dari kaki hingga puncak kepala.
  10. Mainkan permainan dengan anda sendiri sebagai objeknya. Tanyakan pada diri sendiri bagaimanakan seseorang yang mempunyai keyakinan diri akan bertindak dalam situasi tertentu, kemudian katakana, “Saya yakin dalam ….” Berusahalah untuk menyamai tingkah laku semacam itu.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s