Cara untuk menunjukkan kompetensi sosial

  1. Beri contoh apa emosi negatif itu. Ajarkan kepada para siswa keterampilan mengatasi emosi dan hal-hal yang membuat mereka stress sehari-harinya.
  2. Perkuat perilaku positif mereka secara konsisten. Beri contoh dan ajarkan para siswa untuk saling memperkuat perilaku positif mereka. Doronglah para siswa untuk berlatih saling memberi umpan balik positif, walaupun mungkin situasinya sedang peka dan mudah meledak. Beri contoh pada siswa bagaimana caranya mengikuti interaksi-interaksi ini dengan diskusi, di mana para siswa menggambarkan secara benar dan setepat mungkin apa yang mereka lihat, apa yang terjadi, dan kontribusi apa yang dapat mereka berikan.
  3. Buatlah pertanyaan yang jawabannnya bersifat terbuka mengenai status emosi siswa, dan dengarkan baik-baik tenggapan mereka.
  4. Berikan sambutan yang tulus kepada para siswa dengan penuh hangat dan hormat. Tampillah dengan senyum, rileks, terbuka dan siap diajak bicara.
  5. Bila muncul ketegangan, batasi dan nyatakan apa yang anda percayai dan apa yang anda dengar. Dengan cara ini, anda akan lebih memusatkan pada kebenaran dan bukan pada kesalahpahaman.
  6. Pastikan anda menyebut nama siswa bila anda sedang berbicara kepada mereka.
  7. Ungkapkan apa yang ada dalam pikiran anda atau pendapat anda dengan cara yang sopan, tanpa menunjukkan sifat arogansi atau egois. Bukalah hati dan pikiran anda sehingga orang tahu bahwa anda juga mempunyai keinginan atau kemauan untuk menerima gagasan orang lain.
  8. Akuilah apa yang menjadi keputusan anda serta apa yang menjaadi kessalahan anda, dan hindarilah menyalahkan orang lain.
  9. Sadarilah semua hal yang anda nyatakan secara nonverbal. Apakah yang ditunjukkan oleh mata anda sesuai dengan yang diucapkan oleh mulut anda? Para siswa akan dengan mudah menangkap bila ada ketidaksesuaian antara gerak mata dan ucapan anda.
  10. Gambarkan semua perilaku denagn cara yang positif. Misalnya katakana , Apa yang seharusnya anda lakukan….. itu akan lebih baik dari pada Apa yang seharusnyaΒ  tidak anda lakukan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s