Hakekat Pembelajaran Matematika
- Matematika pelajaran tentang suatu pola/ susunan dan hubungan
- Matematika adalah cara berfikir
- Matematika adalah bahasa
- Matematika adalah suatu alat
- Matematika adalah suatu seni
- Matematika adalah suatu kekuasaan
Fokus pembelajaran matematika
- Dengan menggunakan pemecahan masalah yang tertutup atau terbuka.
- Dikembangkan ketrampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
- Pembelajaran dimulai dengan masalah kontekstual
Tujuan pembelajaran matematika
- Memahami konsep matematika
- Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasannya
- Memecahkan masalah
- Mengkomunikasikan gagasannya dengan simbul, tabel, diagram atau media lain
- Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
Ruang lingkup pembelajaran matematika SD/MI
- Bilangan
- Geometri dan pengukuran
- Pengolahan data
Mengapa matematika diberikan di semua satuan pendidikan?
- Membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama.
- Kompetensi di atas diperlukan agar mampu memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan
Strategi Pemecahan Masalah
- Membuat diagram
- Mencobakan pada soal yang lebih sederhana
- Membuat tabel
- Menemukan pola
- Memecah tujuan
- Memperhitungkan setiap kemungkinan
- Berfikir logis
- Bergerak dari belakang
- Mengabaikan hal yang tidak mungkin
- Mencoba-coba
- Menentukan apa yang diketahui, ditanyakan
Iklan
siapa yang ngirim email diatas?
maksudnya gmn mas?
bagus ..
blog yang bagus
sangat memnbantu !! 🙂
😀
alhamdulillah bisa membantu 😀
good blog. 🙂
makasih 😉
bLog ny bagus…Penjelasan tiap item gmn mas??thanks y
makasih,,,,,, 🙂