IDENTIFIKASI MEDIA, METODE DAN KETRGANTUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA

1. IDENTIFIKASI MEDIA

Media adalah sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan seseorang sehingga dapat mendorong tercvapainya proses belajar. Pada hakikatnya proses pembelajaran adalah proses komunikas, kegiatan di kelas merupakan tempat guru dan siswa melakukan tukar pikiran dan mengembangkan idenya. Media pembelajaran berfungsi sebagai penyaji stimulus informasi dan sikap, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi.

Secara rinci penggunaan media dalam proses pembelajaran memiliki nilai-nilai praktis sebagai berikut :

a. Media dapat berfungsi mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa.

b. Media dapat mengatasi ruang kelas.

c. Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan.

d. Media menghasilkan keseragaman pengamatan.

e. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, kongkret, dan realistis.

f. Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar.

Berdasarkan atas penggunaanya, media pengajaran dikategorikan sebagai berikut :

1. Media yang tidak diproyeksikan

Terdiri dari papan tulis, gambar, peta, globe, foto, sketsa, diagram, grafik.

2. Media yang diproyeksikan

Terdiri dari slide, film strip, overhead projector (OHP), mikro projector

Berdasar atas gerakannya, media pengajaran terdiri atas :

1. Media yang tidak bergerak

Terdiri dari film srip, OH, mikro projector.

2. Media yng bergerak

Terdiri dari film loop, TV, Video tape.

Berdasar fungsinya :

1. Media visual, media untuk dilihat.

Seperti gambar, foto, bagan, skema, grafik, film, slide.

2. Media audio, media untuk didengarkan.

Seperti radio, piringan hitam, tape recorder.

3. Media audio visual.

Seperti film bicara, TV, videp tape.

2.IDENTIFIKASI METODE

Metode mengajar adalah cara-cara proses belajar mengajar, atau bagaimana teknisnya sesuai bahan pelajaran yang diberikan kepada siswa di sekolah.

Pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa factor :

a. Anak didik.

b. Tujuan.

c. Situasi.

d. Fasilitator.

e. Guru

Kriteria yang digunakan untuk menentukan metode antara lain :

a. Tujuan.

b. Kebutuhan dan minat anak.

c. Cara penampilan guru.

Macam-macam metode pembelajarn IPS :

1. Contectual Teaching and Learning (CTL)

Merupakan konsep belajar yang mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.

CTL dapat membantu siswa memahami makna dalam materi pelajaran yang mereka pelajari, kemudian menghubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, yaitu konteks lingkingan pribadi, sosial dan budaya,

2. Cooperatif Learning.

Suatu pendekatan pembelajaran yang berisi serangkaian aktivitas yang diorganisasikan, pembelajaran tersebut difokuskan pada pertukaran informasi terstruktur antara siswa dalam kelompok yang bersifat sosial dan pembelajaran bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing.

3. Metode Karya Wisata.

Suatu kunjungan ke obyek tertentu ke luar lingkungan sekolah, dibawah bimbingan guru yang bertujuan untuk mencapai tujuan instruksional tertentu.

4. Metode Simulasi.

Suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakekat dari suatu konsep, prinsip atau suatu ketrampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan dalam situasi tiruan.

3. SALING KETERGANTUNGAN MANUSIA DAN

LINGKUNGANNYA.

Manusia bersama-sama dengan makhluk lainnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya. Kehidupan manusia sangat tergantung pada keadaan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan liingkungan fisik yang ada disekitar.

Lingkungan hidup mencakup bentang alam yang sangat luas termasuk juga yang tidak dapat dilihat. Bahkan sekarang terjadi perubahan perilaku manusia terhadap lingkungan alam yaitu manusia yang dahulu berada dalam hubungan “dikuasai” alam., sekarang terbalik menjadi manusia “menguasai” alam. Dalam pandangan manusia alam menjadi objek dan manusia sebagai subjek, atau dengan kata lain muncul manusia “sentris”. Maksudnya alam menjadi objek yang harus dan dapat dieksploitasi untuk keperluan manusia.

Pemikiran diatas sejalan dengan pemikiran geografi, bahwa manusia secara aktif merupakan faktor dominan yang mampu memanipulasi dan memodifikasi habitatnya (lingkungan sekitar), walau demikian kita tidak dapat terlepas dari pengaruh lingkungan alam.

Iklan

3 pemikiran pada “IDENTIFIKASI MEDIA, METODE DAN KETRGANTUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s