INSTRUMEN SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran

oleh

Kepala Sekolah dan Pengawas

IDENTITAS PESERTA

  1. Nama (lengkap dengan gelar akademik)
:
  1. Nomor Peserta
:
  1. NIP/NIK
:
  1. Pangkat/Golongan
:
  1. Jenis Kelamin
: L/P *)
  1. Tempat, tgl lahir
:

  1. Pendidikan Terakhir
:
  1. Akta Mengajar
: Memiliki/Tidak Memiliki*)
  1. Sekolah Tempat Tugas
1)    Nama :
2)    Alamat Sekolah :
3)    Kecamatan :
4)    Kabupaten/Kota :
5)    Provinsi :
6)    No. Telp. Sekolah :
7)    Alamat e-mail :
8)    Nomor Statistik Sekolah :
10. Mata Pelajaran /Guru Kelas SD :
11. Beban Mengajar per Minggu :

Jam

*)Coret yang tidak perlu

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = kurang baik

4 = baik

5 = sangat baik

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

I

PRAPEMBELAJARAN

1.

Memeriksa kesiapan siswa

1  2  3  4 5

2.

Melakukan kegiatan apersepsi

1  2  3  4 5

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.

Penguasaan materi pelajaran

3.

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1  2  3  4  5

4.

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1  2  3  4  5

5.

Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar

1  2  3  4  5

6.

Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

1  2  3  4  5

B.

Pendekatan/strategi pembelajaran

7.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai

1  2  3  4  5

8.

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1  2  3  4  5

9.

Menguasai kelas

1  2  3  4  5

10.

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1  2  3  4  5

11.

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1  2  3  4  5

12.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1  2  3  4  5

C.

Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

13.

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1  2  3  4  5

14.

Menghasilkan pesan yang menarik

1  2  3  4  5

15.

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1  2  3  4  5

D.

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1  2  3  4  5

17.

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

1  2  3  4  5

18.

Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

1  2  3  4  5

E.

Penilaian proses dan hasil belajar

19.

Memantau kemajuan belajar selama proses

1  2  3  4  5

20.

Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1  2  3  4  5

F.

Penggunaan bahasa

21.

Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar

1  2  3  4  5

22.

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1  2  3  4  5

III

PENUTUP

23.

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1  2  3  4  5

24.

Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1  2  3  4  5

Total Skor

Penilai,

(………………………………)

NIP/NIK

……………………, ……………..

Penilai,

(………………………………)

NIP/NIK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s