Membuat Silabus

  1. Format  tersedia

( fokuskan pada Pengalaman belajar/kegiatan pembelajaran)

2. Menyusun kegiatan belajar.

Kegiatan awal

–          Mengenalkan materi yang akan dibahas

–          Mengaitkan pelajaran sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan.

–          Menginformasikan langkah kegiatan yang akan dilakukan

Kegiatan Inti

–          Fokus pada masalah yang akan dipelajari

–          Mengaktifkan siswa (

Kegiatan Akhir

–          Pemantapan

–          Penialaian

–          Tindak Lanjut

Isi Penilaian

Prosedur Penilaian

–          Tes awal

–          Proses (LK)

–          Tes Akhir

Jenis penilaian

–          Lisan , tertulis, perbuatan

Alat penilaian

–          Soal soal

–          Lembar pengamatan

–          Lembar Tugas

Materi Pokok KTSP

Kelas IV,  Semester I

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi
Bilangan

1

1.1.  Mengidentifikasikan sifat – sifat operasi hitung

1.2. Mengurutkan bilangan

1.3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian

1.4. Melakukan operasi hitung campuran

1.5. Melakukan penafsiran dan pembulatan

1.6. Memecahkan masalah yang melibatkan uang

Penj,Pengurangan, perkalian, pembagian

Melakukan operasi bil

Pengerj hitung camp bil bulat

Menentukan tafsiran bil bulat

Harga jual harga beli

2 2.1. Mendiskripsikan konsep factor dan kelipatan

2.2. Menentukan kelipatan daan factor bilangan

2.3. Menentukan KPK dan FPB

2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dg KPK dan FPB

Menentukan faktor bilangan

Menent  KPK FPB

Menent KPK FPB

Soal yang berhubungan KPK FPB

Geometri dan pengukuran

3

3.1

3.2

3.3

3.4

Mengukur sudut

Menent waktu, panj, berat

Mengh kecept kend, panj sisi bangun datar

Menent harga barang

4 4.1

4.2

Mengh kel segitiga luas jajar genjang

Mengh luas jajar genjang

Semester II
Bilangan

5.

5.1

5.2

5.3

5.4

Urutan bil bulat pd grs bil

Penjm bil bulat pos/negatif dng grs bil

Pengur bil bulat pos/negatif dengan grs bil

Operasi hitung camp

6 6.1

6.2

6.3

6.4

6.5

Arti pec dan urutan

Bentuk pec dan penyederhanaan

Penyebut sama dan tak sama

Pengurangan pec

Masalah yang berk dng pec

7 7.1

7.2

Lamb bil romawi s.d 50

Bil cacah yang dijadikan romawi

Geometri dan pengukuran

8

8.1

8.2

8.3

8.4

Sifat bangun ruang sederhana

Jaring2 balok dan kubus

Benda2 bangun datar simetris/tak simetris

Pencerm bangun datar

LATIHAN MENYUSUN INDIKATOR

MATEMATIKA

Kelas   IV

Standar kompetensi  : Bilangan

Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.

No Kompetensi dasar Indikator
1.1   Mengidentifikasi sifat-sifat hitung
  1. menyebutkan sifat-sifat operasi hitng bilangan (pertukran tempat, pengelompokan dan penyebaran )
  2. Melakukan operasi hitung bilangan dengan menggunakan sifat-sifatnya ( pertukaran, pengelompokan dan penyebaran.)
  3. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung sifat-sifat operasi hitung.
1.2   Mengurutkan bilangan
  1. menentukan perbedaan dua bilangan 9 lima angka )
  2. Mengurutkan sekelompokbilangan (minimal lima Bilangan ) dari yang trkecil ke yang lebih besar atau sebaliknya
  3. Membuat urutan lambang bilangan dari yang terkecil atau yang sebaliknya.
1.3   Melakukan operasi perkalian dan pembagian
  1. Menentukan hasil perkalian dua bilangan maksimal tiga angka dengan pola susun ke bawah
  2. Menemukan pola perkalian tanpa susun ke bawah
  3. Menentukan hasil kali dua bilangan ( maksimal Tiga angka ) dengan menggunakan pola yang ditemukan
  4. menemukan hasil bagi lima angka dengan dua angka  cara susun ke bawah.
  5. Menggunakan pola pembagian susun ke bawah dalam soal cerita.
1,4    Melakukan operasi hitung campuran
  1. Menentukan hasil operasi pengurangan , penjumlahan , pembagian dan perkalian.
  2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan penghitungan  secara efisien
  3. Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam memecahkan soal.
1.5   Melakukan penaksiran dan pembulatan
  1. Menaksir hasil operasi hitung
  2. Membulatkan hasil operasi hitung dalam satuan, pluhan , atau ratusan terdekat.
1.6
  1. Menaksir jumlah harga dari seumpulan barang yang biasa atau dijual sehari-hari
  2. Menuliskan cara menuliskan nilai uang rupiah.

Standar Kompetensi :

Menggunakan pengukuran sudut panjang dan berat dalam suatu masalah.

No Kompetensi dasar Indikator
1.1  Menemukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan
  1. Menentukan besarsudut menggunakan satuan tidak baku
  2. Menentukan perbedaan besar dua buah sudut menggunakan satuan tidak baku
  3. Menentukan besar sudut menggunaka satuan derajat
1.2  Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan bera
  1. Menentukan kesetaraan antar satuan waktu: abadWindu, tahun, bulan, minggu, hari, jam menit dan detik
  2. Menentukan kesetaraan antar satuan panjang: km,hm,dam.m.dm.cm,mm
  3. Menentukan kesetaraan antar satuan berat: ton.kw,kg,hg   dsb
  4. Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan masalah.

LATIHAN MENENTUKAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN

Mata pelajaran           : MATEMATIKA

KL/SMESTER            : IV  / I

Standar Kompetensi  :  Bilangan ,

Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar     :  Mengidentifikasi sifat-sifat hitung

No Indikator Kegiatan pembelajaran
  1. Menyebutkan sifat-sifat operasi hitung bilangan

2         Menentukan hasil dari operasi hitung bilangan dengan menggunakan sifat-sifatnya ( pertukaran tempat,penyebaran, dan pengelompokan

  1. Mengamati kalimat matematika yang mengandung unsur pertukaran tempat. Pengelompokan,dan penyebaran untuk menemukan sifat-sifatnya
  2. Membuat kalimat matematika yang benar berdasarkan sifat-sifatnya
  3. Menyelesaikan soal yang mengandung sifat sifat pertukaran tempat pengelompokan dan penyebaran
3.   Menyelesaikan soal cerita yang mengandung sifat-sifat yang operasi hitung ( pertukaran tempat, penyebaran, dan pengelompokan
  1. Menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita
  2. Menentukan konsep matematika yang terkandung di dalamnya.
  3. Menuliskan soal cerita ke dalam kalimat matematika
  4. Menyelesailna kalimat matematika untuk menentukan jawabannya.
  1. Menentukan perbedaan dua bilangan
  2. mengurutkan kelompok bilangan ( minimal lima bilangan ) dari yang terkecil ke yang lebih besar atau sebaliknya.
  1. Membandingkan dua bilangan yang berbeda (lima angka )
  2. Membandingkan beberapa bilangan dan mengurutkan dari lambang bilangan yang terkecil atau sebaliknya.
  3. Membuat urutan bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.

Satu pemikiran pada “Membuat Silabus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s