RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran     :    Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/semester     :    IV/II

Tema                    :    Energi Bunyi

Waktu                  :    2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi

Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.

C. Indikator

  1. Menyebutkan sumber-sumber energi bunyi yang terdapat di lingkungan sekitarnya.
  2. Mendemonstrasikan  perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas.

D. Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan sumber-sumber energi bunyi yang terdapat di lingkungan sekitarnya.
  2. Dengan percobaan siswa dapat membuktikan perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas.

E. Materi Pembelajaran

Energi Bunyi

F. Kegiatan Pembelajaran

  1. Pra Kegiatan (5 menit)
    1. Salam
    2. Doa
    3. Presensi
  1. Kegiatan Awal (5 menit)

Apersepsi :

  1. Pre tes.
  2. “Anak-anak, bunyi apa yang pertama kali kamu dengar saat bangun tidur?”
  3. “Bunyi itu berasal dari mana?”
  1. Kegiatan Inti (40 menit)
    1. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi energi bunyi.
    2. Guru mengorganisasikan siswa dalam 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa dan setiap siswa dalam kelompok diberi nomor.
    3. Guru memberi tugas (pengamatan/percobaan) tentang perambatan energi bunyi kepada semua kelompok.
    4. Siswa dalam kelompok berdiskusi membahas tugas yang diberikan guru.
    5. Guru memberikan beberapa pertanyaan dengan memanggil salah satu nomor siswa secara acak dalam kelompok.
    6. Siswa menjawab pertanyaan dari guru, dipastikan semua kelompok mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.
    7. Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
  1. Kegiatan Akhir (20 menit)
    1. Menyimpilkan materi
    2. Evaluasi/post tes

G. Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar

  1. Pendekatan : Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
  2. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pengamatan/percobaan.
  3. Media : Alat-alat percobaan perambatan bunyi (gelas air mineral, senar, batang korek api, pralon, ember).
  4. Sumber Belajar : Buku IPA kelas IV semester II, penerbit Erlangga.

H. Penilaian

  1. Prosedur Penilaian :
    1. Proses : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, aspek yang dinilai adalah keaktifan siswa selama KBM, ketepatan dalam menjawab pertanyaan, aktivitas dalam kelompok.
    2. Hasil : Tes pada akhir pembelajaran.
    3. Teknik Penilaian : Tes
    4. Jenis Tes : Tertulis dan lisan
    5. Bentuk Tes : Pilihan ganda.
    6. Alat Penilaian : Soal evaluasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s