RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kelas            :    I

Semester       :    II

Tema             :    Lingkungan

Hari/tanggal :    Selasa/05-05-2009

Waktu           :    2 X 35 menit

I. Standar  Kompetensi

1. Bahasa Indonesia

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar percakapan sederhana dan dongeng.

2. Pendidikan Kewarganegaraan

Menerapkan kewajiban anak dirumah dan di sekolah.

3. Matematika

Mengenal beberapa bangun ruang

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

5. Ilmu Pengetahuan Sosial

Mendiskripsikan lingkungan rumah.

6. Seni Budaya dan Ketrampilan

Mengapresiasi  karya seni musik.

II. Kompetensi Dasar

1. Bahasa Indonesia

Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.

2. Pendidikan Kewarganegaraan

Melaksanakan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.

3. Matematika

Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Bangun ruang

5. Ilmu Pengetahuan Sosial

Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.

6. Seni Budaya dan Ketrampilan

Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

III. Indikator

1. Bahasa Indonesia

Menjelaskan isi gambar seri dengan bahasa yang sederhana

2. Pendidkan Kewarganegaraan

Menyebutkan hak anak dirumah.

3. Matematika

Menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk balok.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Menjelaskan tanda-tanda akan turunnya hujan.

5. Ilmu Pengetahuan Sosial

Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.

6. Seni Budaya dan Ketrampilan

Menyanyikan lagu sesuai dengan irama dan melodi sederhana.

IV. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :

1. Bahasa Indonesia

Menjelaskan isi gambar seri dengan bahasa yang sederhana.

2. Pendidikan Kewarganegaraan

Menyebutkan hak anak dirumah.

3. Matematika

Menunjukkan bangun datar yang ada pada alat transportasi.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Mengetahui tanda-tanda akan turunnya hujan.

5. Ilmu Pengetahuan Sosial

Mengetahui ciri-ciri rumah sehat.

6. Seni Budaya dan Ketrampilan

Menyanyikan lagu sesuai dengan irama dan melodi sederhana.

V. Materi

1. Bahasa Indonesia

Gambar seri.

2. Pendidikan Kewarganegaraan

Hak-hak anak di rumah dan di sekolah.

3. Matematika

Bangun ruang.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Cuaca di sekitar kita.

5. Ilmu Pengetahuan Sosial

Lingkungan rumah

6. Seni Budaya dan Ketrampilan

Irama dan melodi sederhana

VI. Metode

Diskusi

Ceramah

Tanya jawab

Penugasan

VII. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Awal

  • Berdoa
  • Presensi siswa
  • Bertanya pada siswa, :
  • “Siapa yang pernah membantu ibu dirumah?”
  • “Siapa yang pernah melihat hujan?”
  • Menyanyikan lagu “Tik-tik Bunyi Hujan”

b. Kegiatan Inti

  • Guru menunjukkan gambar seri kepada siswa.
  • Siswa mengamati gambar seri tersebut.
  • Secara bergantian siswa menceritakan isi gambar seri di depan kelas.
  • Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi gambar seri.
  • Secara bergantian siswa mengurutkan gambar seri berdasarkan urutannya di depan kelas.
  1. c. Kegiatan Akhir
  • Mengadakan tes evaluasi.
  • Menutup pelajaran dengan kembali menyanyikan lagu “Tik-tik Bunyi Hujan”.

VIII. Media

  • Gambar bangun datar.
  • Gambar alat transportasi.

IX. Sumber Belajar

  • Buku paket kelas II Pembelajaran Tematis penerbit Grafindo Media Pratama.

X. Penilaian

Prosedur Tes :

  • Tes awal
  • Tes dalam proses
  • Tes akhir

Jenis Tes :

  • Lisan.
  • Tertulis.

Bentuk Tes :

  • Uraian.

Alat Tes :

  • Soal evaluasi

Semarang,05 Mei 2009

Mengetahui

Dosen Wali                                                                                                    Guru Pamong

…………………                                                                                          ………………….

NIP.                                                                                                               NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s