RENCANA PEBELAJARAN

RENCANA PEBELAJARAN

Nama Sekolah                         : SD Negeri 04 Bangsri

Tema                                       : Kegiatan sehari – hari

Mata Pelajaran                        : Matematika

Kelas                                       : 1

Semester                                  : 2

Alokasi Waktu                        : 2 X 30 menit ( 1 X Pertemuan )

Hari , Tanggal                         : Sabtu, 11 April 2009

Standar Kopetensi                  :  5. Menggunakan Pengukuran berat

Kompetensi Dasar                   : 5.1 Membandingkan Berat Benda.

Indikator                                 : Menentukan benda berdasarkan berat ringannya

Membandingkan berat dua benda atau lebih

Mengurutkan benda dari yang teringan ke yang terberat atau sebaliknya.

I . TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat :

–          menentukan benda berdasarkan berat ringannya

–          membandingkan berat dua benda atau lebih

–          mengurutkan benda dari yang teringan ke yang terberat atau sebaliknya

II. MATERI

–          Berat benda

–          Mengukur berat benda dengan satuan tak baku

–          Membandingkan berat benda secara langsung

III. METODE PEMBELAJARAM

Model Make Amatch

Ceramah

Diskusi

Tanya Jawab

Pemberian tugas

IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Kegiatan Awal      ( 5 menit )

– Meengucapkan salam dan berdoa

– Presensi

– Mengkondisikan siswa untuk menerima pembelajaran

– Melakukan apersepsi.

Seebutkan benda – benda yang ringan …

Sebutkan benda – benda yang berat….

b. Kegiatan Inti   ( 40 menit )

–    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisikan konsep atau topik  yaitu satu bagian

kartu soal dan  bagian lainnya kartu jawaban.

–          Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu

–          Tiap siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang dipegang

–          Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya

–          Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.

–          Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda .

–          Guru dan siswa menyimpulkan hasil permainan tersebut

c. Kegiatan Akhir   ( 15 menit )

–     Siswa mengerjakan Test Formatif

–          Guru menganalis hasil test Formatif

V.  MEDIA DAN SUMBER BAHAN

–          Buku Matematika  ( BSE kls I  hal 155 )

–          Buku Terampil Matematika Kls. I hal 131

–          Buku Pelajaran Matematika ( Erlangga hal 190 )

–          Buku Pembelajaran Tematik kls I hal 165

–          Gambar : macam  – macam benda berat dan ringan.

VI . PENILAIAN

Prosedur :

–          Tes Awal                      : ada dalam apersepsi

–          Tes dalam proses          : ada dalam KBM

–          Tes akhir                       : ada tes Formatif

Jenis Tes

–          Lisan

–          Tertulis.

Iklan

Satu pemikiran pada “RENCANA PEBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s