RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran     :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester     :     IV/I
Waktu     :     2 X 35 menit
Standar Kompetensi     :     Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

I.     Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.
II.     Indikator :
– Mengidentifikasi cirri-ciri dan manfaat kenampakan alam, serta cirri sosial budaya di kabupaten/kota dan provinsi.
– Mengidentifikasi peristiwa alam (missal : gempa bumi, banjir, angina topan dll).
– Mengidentifikasi pola perilaku anggota masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam.
III.     Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat mendiskripsikan cirri-ciri dan manfaat kenampakan alam, serta cirri sosial budaya di kabupaten/kota dan provinsi.
– Siswa dapat menjelaskan peristiwa alam seperti : gempa bumi, banjir, angina topan, dll.
IV.    Materi Pembelajaran
Kenampakan alam dan keragaman sosial dan budaya daerah kabupaten/kota dan provinsi.
V.     Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya Jawab
– Diskusi
VI.     Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Kegiatan Awal
Guru mengajukan beberapa pertanyaan :
– Apakah anak-anak pernah melihat banjir, tanah longsor, angin topan?
– Apa penyebab semua itu?
– Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal seperti di atas?

Kegiatan Inti
– Guru memperlihatkan gambar tentang suasana banjir, gempa bumi, tanah longsor.
– Siswa mengamati dan mengidentifikasi gambar yang ditunjukkan oleh guru.
– Guru menjelaskan beberapa contoh tentang akibat yang ditimbulkan.
– Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan perilaku masyarakat yang dapat menyebabkan terjadinya peristiwa alam.
– Perwakilan dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompoknya.

Kegiatan Akhir
– Dengan bimbingan dari guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
– Siswa mengerjakan evaluasi.

VII.     Alat dan Sumber Belajar
– Gambar-gambar peristiwa alam seperti banjir, tanah longsor, angina topan.
– Buku IPS kelas IV semester I

VIII. Penilaian
a. Teknik     :     Tes tertulis
Tes lisan
b. Prosedur     :     Tes awal
Tes dalam proses
Tes akhir
c. Bentuk     :     Uraian
d. Instrumen     :     LKS

Bangsri, 26 November 2008
Mengetahui :
Kepala SD Negeri Bangsri 04                                                                                                                                              Guru kelas IV

SUTRISNO                                                                                                                                                                        DEDDY KRISHANNANTO
NIP.130 391 650

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s