RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran     :    Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/semester     :    IV/II

Tema                    :    Energi Panas

Waktu                  :    2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi

Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan energi panas yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.

C. Indikator

  1. Menyebutkan contoh sumber-sumber energi panas dan kegunaannya.
  2. Mendemonstrasikan  perpindahan panas (konduksi, konveksi dan radiasi)

D. Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan contoh sumber-sumber energi panas dan kegunaannya.
  2. Dengan percobaan siswa dapat membuktikan perpindahan panas (konduksi, konveksi dan radiasi)

E. Materi Pembelajaran

Energi Panas

  1. F. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pra Kegiatan (5 menit)
    1. Salam
    2. Doa
    3. Presensi
  1. Kegiatan Awal (5 menit)

Apersepsi :

  1. Pre tes
  2. “Anak-anak, apa yang kamu rasakan saat berada di lapangan terbuka disiang hari yang cerah?”
  3. “Panas itu berasal dari mana?”
  1. Kegiatan Inti (40 menit)
    1. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi energi panas.
    2. Guru mengorganisasikan siswa dalam 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa dan setiap siswa dalam kelompok diberi nomor.
    3. Guru memberi tugas (pengamatan/percobaan) tentang perpindahan panas kepada semua kelompok.
    4. Siswa dalam kelompok berdiskusi membahas tugas yang diberikan guru.
    5. Guru memberikan beberapa pertanyaan dengan memanggil salah satu nomor siswa secara acak dalam kelompok.
    6. Siswa menjawab pertanyaan dari guru, dipastikan semua kelompok mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.
    7. Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
  1. Kegiatan Akhir (20 menit)

a.  Menyimpulkan materi.

b. Evaluasi/post tes.

G. Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar

  1. Pendekatan : Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
  2. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pengamatan/percobaan.
  3. Media : Alat-alat percobaan perpindahan panas (korek api, lilin, sendok, gelas kimia,penggaris aluminium, kain).
  4. Sumber Belajar : Buku IPA kelas IV semester II, penerbit Erlangga.

H. Penilaian


  1. Prosedur Penilaian :
    1. Proses : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, aspek yang dinilai adalah keaktifan siswa selama KBM, ketepatan dalam menjawab pertanyaan, aktivitas dalam kelompok.
    2. Hasil : Tes pada akhir pembelajaran.
    3. Teknik Penilaian : Tes
    4. Jenis Tes : Tertulis dan lisan
    5. Bentuk Tes : Pilihan ganda.
    6. Alat Penilaian : Soal evaluasi.

Bangsri, 28 Mei 2009

Mengetahui                                                                                 Peneliti

Kepala Sekolah

S u t r i s n o                                                                     Deddy Krishannanto

NIP.                                                                                  NIM. 1402907196

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s