RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kelas          :    II

Semester     :    II

Tema          :    Transportasi

I. Standar  Kompetensi

  1. Bahasa Indonesia

Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendiskripsikan bendan dan bercerita.

  1. Matematika

Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dialami.

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Memahami kedudukan dan peran anggota keluarga dalam lingkungan tetangga.

  1. Seni Budaya dan Ketrampilan

Mengekspresikan diri melalui karya seni.

II. Kompetensi Dasar

  1. Bahasa Indonesia

Mendeskripsikan alat-alat transportasi dilingkungan sekitar dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

  1. Matematika

Mengenal bangun datar sederhana.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Mengidentifikasi benda-benda yang ada, dikenal dan kegunaanya melaui penagamatan.

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.

  1. Seni Budaya dan Ketrampilan

Mengekspresikan diri melaui gambar ekspresif.

III. Indikator

  1. Bahasa Indonesia

Mendiskripsikan alat transportasi yang dikenal dengan bahasa yang mudah dipahani orang lain.

  1. Matematika

Mengenal bangun datar.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Mengidentifikasi hewan yang dapat digunakan sebagai alat transportasi.

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Menjelaskan manfaat alat transportasi bagi anggota keluarga.

  1. Seni Budaya dan Ketrampilan

Membuat gambar ekspresi berbagai alat transportasi.

IV. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :

  1. Bahasa Indonesia

Mendiskripsikan alat transportasi yang dikenal dengan bahasa yang mudah dipahani orang lain.

  1. Matematika

Menunjukkan bangun datar yang ada pada alat transportasi.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Menyebutkan hewan yang berguna untuk alat transportasi.

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Menjelaskan manfaat alat transportasi bagi anggota keluarga.

  1. Seni Budaya dan Ketrampilan

Membuat gambar ekspresi berbagai alat transportasi.

V. Materi

  1. Bahasa Indonesia

Mendeskripsikan alat transportasi.

  1. Matematika

Macam-macam bangun datar.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Benda dan sifatnya.

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengalaman berekreasi bersama anggota keluarga.

  1. Seni Budaya dan Ketrampilan

Ekspresi diri

VI. Metode

Ceramah

Tanya jawab

Diskusi

Penugasan

VII. Kegiatan Pembelajaran

  1. a. Kegiatan Awal
  • Berdoa
  • Presensi siswa
  • Bertanya pada siswa, :
  • “kalian pergi ke sekolah naik apa?”
  • “siapa yang pergi ke sekolah naik sepeda?”
  • Menyanyikan lagu “naik kereta api”
  1. b. Kegiatan Inti
  • Guru menunjukkan gambar bangun datar pada siswa.
  • Siswa menyebutkan nama bangu datar yang ditunjukkan guru.
  • Siswa menggambar bangun datar yang sudah disebutkan di papan tulis.
  • Guru menempelkan gambar dipapan tulis gambar kepada siswa.
  • Secara berkelompok siswa mendeskripsikan gamabar yang ditempel guru di papan tulis.
  • Siswa melaporkan hasil diskusi kepada guru.
  • Guru bertanya kepada siswa, bangun datar apa saja yang terdapat pada alat transportasi sepeda.
  • Siswa menyebutkan nama-nama binatang yang berguna bagi alat transportasi.
  • Siswa menyebutkan alat transportasi yang dikenalnya.
  • Siswa menyebutkan alat manfaat alat transportasi.
  • Siswa menggambar alat transportasi yang dikenalnya.
  1. c. Kegiatan Akhir
  • Mengadakan tes.
  • Menutup pelajaran dengan kembali menyanyikan lagu “naik kereta api”.

VIII. Media

  • Gambar bangun datar.
  • Gambar alat transportasi.

IX. Sumber Belajar

  • Buku paket kelas II Pembelajaran Tematis penerbit Grafindo Media Pratama.

X. Penilaian

Prosedur Tes :

  • Tes awal
  • Tes dalam proses
  • Tes akhir

Jenis Tes :

  • Lisan.
  • Tertulis.
  • Perbuatan.

Bentuk Tes :

  • Uraian.

Alat Tes :

  • Soal
  • Kunci jawaban
  • Kriteria penilaian.

Jepara, 10 April 2009

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                                 Guru kelas

A. Sujuti, S.Pd                                                                                              Halimah Sa’diyah

NIP.                                                                                                               NIM.1402907191

Soal evaluasi

  1. Bentuk bangun datar apa saja yang terdapat pada sepeda?
  2. Sebutkan apa saja alat transportasi yang kamu ketahui!
  3. Sebutkan hewan apa saja yang dapat dijadikan alat transportasi!
  4. Sebutkan alat transportsi yang ada disekitar rumahnu!
  5. Apa manfaat alat transportasi?

Kunci jawaban.

  1. Lingkaran, persegi panjang, segitiga.
  2. Sepeda, bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang (kebijakan guru).
  3. Kuda, sapi, gajah (kebijakan guru).
  4. Sepeda, bus, mobil, motor, becak, delman (kebijakan guru).
  5. Meringankan beban manusia, mempercepat pekerjaan (kebijakan guru).

Kriteria penilaian.

Nilai = jumlah betul X 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s