SK dan KD

IPS

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana

Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya

Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)

Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya

Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi
2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

2.2  Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

2.3  Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

2.4  Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

PKn

Kelas IV, Semester 1

Stándar  Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.    Memahami sistem pemerintahan desa  dan pemerintah  kecamatan 1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan

1.2  Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan

2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi 2.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi

2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi

Kelas IV, Semester 2

Stándar  Kompetensi

Kompetensi Dasar

3.  Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat 3.1  Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti  MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll.

3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri

4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya 4.1  Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya

4.2  Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional

4.3  Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya

SAINS

Kelas  IV,  Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1. Memahami  hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

1.2  Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

1.3  Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

1.4  Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya 2.1    Menjelaskan  hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

2.2    Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

2.3    Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

2.4    Menjelaskan  hubungan antara bunga dengan fungsinya

3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya 3.1    Mengidentifikasi jenis makanan hewan

3.2    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis        makanannya

4.  Memahami daur hidup  beragam jenis makhluk hidup 4.1    Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing

4.2    Menunjukkan kepedulian  terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan

5. Memahami hubungan sesama makhluk  hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya 5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)

5.2   Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

Benda dan Sifatnya

6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda  berdasarkan sifatnya

6.1   Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu

6.2   Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud  cair àpadat à cair; cair à gas à cair;  padat à gas

6.3   Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya

Kelas IV,  Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

7.  Memahami gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda 7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

7.2  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda

8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya

8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya

8.3  Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan  perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,  misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut

8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

Bumi dan Alam Semesta

9.  Memahami  perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit

9.1  Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

9.2  Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari

10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan 10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)

10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat 11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan

BAHASA INDONESIA

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps

1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar

1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps

Berbicara

  1. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat

2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut

2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca

  1. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas

3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca

3.3 Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat

4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)

4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu

4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu

4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun

5.1   Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan

5.2   Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan intonasi yang tepat

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berbalas pantun  dan bertelepon

6.1   Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat

6.2   Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan

Membaca

  1. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun

7.1   Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca intensif

7.2    Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

7.3   Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak

8.1   Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)

8.2   Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan

8.3   Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s