STRATEGI PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

Pengertian

Pada awalnya, istilah “strategi” dikenal dalam dunia militer terutama terkait dengan perang, namun demikian makna itu telah meluas tidak hanya dalam kondisi perang tetapi juga damai, dan dalam berbagai bidang antara lain ekonomi, sosial, pendidikan, dsb. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998: 203) ada beberapa pengertian dari strategi yakni: (1) ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai, (2) rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus, sedangkan metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud.

Soedjadi (1999: 101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah suatu kea-daan pembelajaran kini menjadi keadaan pembelajaran yang diharapkan. Un-tuk mengubah keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pem-belajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode dapat diguna-kan lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian: teknik → metode → pendekatan → strategi.

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana kegiatan pembelajaran yang dirancang secara seksama sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal, dengan memilih pendekatan, me-tode, media dan keterampilan-keterampilan tertentu misalnya membelajarkan, bertanya, dan berkomunikasi. Secara ringkas strategi pembelajaran merupa-kan cara pandang dan pola pikir guru agar siswa mampu belajar. Faktor-fak-tor yang harus menjadi pertimbangan dalam menyusun strategi pembelajaran adalah: (1) mengaktifkan siswa, dalam bentuk tugas kelompok, melakukan curah pendapat dalam proses pembelajaran dan melakukan tanya jawab ter-buka; (2) membangun peta konsep (sistematika materi bahan ajar); (3) menggali informasi dari berbagai media; dan (4) membandingkan dan mensintesiskan informasi

Untuk memperoleh hasil pembelajaran yang optimal, salah satu tugas guru yang sangat penting adalah membuat persiapan pembelajaran, yang me-nuntut sejumlah kemampuan seperti: (1) menguasai materi pelajaran (bahan ajar) dan karakteristiknya; (2) merumuskan tujuan pembelajaran; (3) memilih materi pelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran dan alat evaluasi-nya; (4) merancang pengalaman belajar siswa; (5) menguasai berbagai pende-katan dan teori belajar; (6) menguasai berbagai metode dan media pembela-jaran; (7) memilih & mengkombinasikan materi pelajaran, metode, media de-ngan pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan dan evaluasi; dan (8) penunjang keberhasilan proses pembelajaran lainnya.

Agar proses pembelajaran berjalan secara optimal guru perlu membuat strategi, yaitu “Strategi Belajar Mengajar” (SBM). SBM atau strategi pembe-lajaran (teaching strategy) menurut Arthur L. Costa (1985) merupakan pola kegiatan pembelajaran yang berurutan yang diterapkan dari waktu ke waktu dan diarahkan untuk mencapai suatu hasil belajar siswa yang diinginkan. Pada kegiatan merancang persiapan mengajar, guru perlu menyusun strategi pembelajaran yang berupa pemilihan dan penetapan bentuk pengala-man belajar siswa. Dalam hal ini guru harus menetapkan pendekatan, metode, media, situasi kelas, dan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

3 pemikiran pada “STRATEGI PEMBELAJARAN

  1. sejata yang paling ampuh dalam proses pembelajaran adalah metode yang digunakan oleh seorang pendidik….. saya sepadan dengan hal ini akan tetapi pertnyaan kemudian muncul ” apakah strategi yang digunakan itu harus sesuai dengan keadaan siswa ataukah ditentukan oleh guru yang tidak melihat latar belakang siswa??????

    tentu saja strategi dipilih dengan berbagai pertimbangan salah satunya dengan melihat latar belakang siswa dengan tujuan tercapainya tujuan pembelajaran dan yg paling penting guru tersebut benar-benar menguasai metode/strategi yg diterapkan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s