RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : I/2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Bumi dan Alam semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim)
serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
Kompetensi Dasar : 5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
Indikator : 1. Menyebutkan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang hari
2. Menyebutkan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang hari
3. Menggambar benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang hari
4. Menggambar benda-benda langit yang terlihat pada waktu malam hari
I. Tujuan Pembelajaran
Pertamuan I
Pada akhir pelajaran siswa:
1. Menyebutkan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang hari
2. Menyebutkan benda-benda langit yang terlihat pada waktu malam hari.
Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
– Menggambar benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang hari
Pertemuan 3
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
– Menggambar benda-benda langit yang terlihat pada waktu malam hari
II. Materi Pembelajaran
– Benda langit dan peristiwa alam
III. Metode
– Ceramah berfariasi
– Demonstrasi tugas
– Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah
Pertamuan 1
a. Kegiatan awal
– Menyanyi lagu Matahari terbenam dan lagu Bintang Kecil bersama-sama, kemudian Tanya
jawab.
b. Kegiatan inti
– Guru meminta siswa untuk mengamati benda langit pada waktu siang hari.
– Guru meminta siswa untuk mengamati benda-benda langit yang terlihat pada waktu malam
hari.
– Guru menjelaskan nama benda langit yang dapat dilihat pada waktu siang hari dan malam hari.
– Guru menjelaskan keadaan matahari pada waktu pagi, siang dan sore.
– Guru meminta siswa untuk menyebutkan manfaat matahari bagi kehidupan di bumi.
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
– Benda langit yang dapat dilihat siang hari adalah: matahari
– Benda langit yang dapat dilihat malam hari adalah bulan dan bintang
– Matahari terbit dari arah timur, terbenam ke arah barat.
– Matahari pagi hari ada di arah timur, siang hari ada di tengah, sore hari ada di barat, dan sinar
matahari rasanya panas.
IV. Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar benda-benda langit
V. Penilaian
a. Tahnik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Benda langit apakah yang terlihat pada waktu siang hari?
2. Siapakah yang menciptakan matahari itu?
3. Sebutkan dua macam benda langit yang terlihat pada waktu malam hari!
4. Bagaimanakah rasanya sinar matahari
5. Matahari terbit dari arah mana?
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
– Menyanyi lagu kupandang langit bersama-sama
– Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan inti
– Siswa mengamati gambar benda-benda langit
– Guru menjelaskan sumber panas yang tersebar dan gunanya
– Siswa menunjukkan gambar benda-benda langit dan menyebutkan namanya
– Guru memberi contoh gambar matahari
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
– Sumber panas yang tersebar adalah matahari
– Gunanya untuk mengeringkan pakaian, untuk mengeringkan kayu bakar, untuk mengeringkan
padi.
– Menggambar matahari
Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar benda-benda langit
Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Buatlah gambar matahari dan diberi warna!
2. Sebutkan sumber panas yang terbesar!
Pertemuan III
a. Kegiatan awal
– Menyanyi lagu Matahari terbenam dan lagu Bintang Kecil, kupandang langit bersama-sama
– Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari pada pertamuan sebelumnya.
b. Kegiatan inti
– Siswa mengamati gambar benda-benda langit
– Siswa menunjukkan gambar benda-benda langit yang terlihat pada waktu malam hari dan
menyebutkan namanya.
– Guru menjelaskan tentang bulan sabit dan bulan purnama
– Guru memberi contoh menggambar bulan sabit dan bulan purnama.
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
– Bentuk bulan seperti alis mata disebut bulan sabit
– Bulan berbentuk bulat disebut bulan purnama
Gambar
Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar benda-benda langit
Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Buatlah gambar bulan purnama dan diberi warna!
2. Buatlah bulan sabit dan diberi warna!
3. Siapakah yang menciptakan bulan dan bintang?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s