RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : I/2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Bumi dan Alam semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim)
serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
Kompetensi Dasar : 5.2 Mengenal keadaan cuaca disekitar kita
Indikator : 1. Menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan
2. Menyebutkan perbedaan suhu musin penghujan dan suhu dimusim
kemarau
3. Menyebutkan akibat perbedaan musim
4. Menyebutkan manfaat musim penghujan
I. Tujuan Pembelajaran
Pertamuan I
Pada akhir pelajaran siswa:
– Menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan
Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
– Menjelaskan perbedaan suhu musin penghujan dan suhu dimusim kemarau.
Pertemuan 3
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
– Menyebutkan akibat perbedaan musim
– Menyebutkan manfaat musim penghujan
II. Materi Pembelajaran
– Keadaan cuaca disekitar kita
III. Metode
– Ceramah
– Demonstrasi
– Tanya jawab
– Tugas
IV. Langkah-langkah
Pertemuan 1
a. Kegiatan awal
– Menyanyikan lagu “tik-tik bunyi hujan” bersama-sama
– Secara acak siswa ditanya mengenai kapan terjadinya hujan
b. Kegiatan inti
– Dengan dibimbing guru siswa menyebutkan bahwa hujan terjadi pada musim penghujan.
– Guru menjelaskan terjadinya hujan
– Guru menjelaskan tanda-tanda akan turun hujan
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
Tanda-tanda akan turun hujan adalah ada mendung, kilat, dan guntur
Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar terjadinya hujan
Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Sebutkan tiga macam tanda-tanda akan turun hujan!
2. Disebut apakah awan yang tebal?
3. Disebut apakah cahaya yang seperti listrik?
4. Disebut apakah suara yang mengiringi kilat?
5. Siapakah yang menciptakan hujan?
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
– Menyanyikan lagu “tik-tik bunyi hujan” bersama-sama
– Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan inti
– Secara acak siswa ditanya mengenai udara pada musim hujan
– Guru menjelaskan perbedaan suhu musim penghujan dan suhu dimusim kemarau
– Guru menjelaskan jenis pakaian yang sesuai dipakai pada musim penghujan dan musim
kemarau
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
– Suhu musim penghujan adalah dingin
– Suhu musim kemarau adalah panas
– Musim kemarau memakai pakaian tipiss
– Musim penghujan memakai pakaian tebal
Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar orang yang memakai baju di musim kemarau dan di musim penghujan
Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Udara lebih dingin pada saat musim…
2. Udara panas saat musim….
3. Banjir biasa terjadi saat musim….
4. Pada musim kemarau memakai pakaian….
5. Pada musim penghujan pemakai pakaian….
Pertemuan III
a. Kegiatan awal
– Menyanyikan lagu “tik-tik bunyi hujan” bersama-sama
– Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan inti
– Guru menjelaskan tentang akibatnya musim kemarau
– Guru menjelaskan tentang akibatnya musim penghujan
– Guru menjelaskan manfaatnya musim penghujan
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan:
– Akibat musim kemarau adalah: tanah menjadi kering, tanaman layu, banyak debu beterbangan
sehingga mengganggu pernafasan.
– Akibat musim penghujan adalah terjadi banjir
– Manfaat musim penghujan adalah semua semua tanaman tumbuhan subur
Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
– Gambar musim kemarau dan musim penghujan
Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat
d. Instrumen
1. Pada musim kemarau tumbuhan kekurangan….
2. Pada musim penghujan tumbuhan tumbuh….
3. Akibat musim penghujan adalah terjadi….
4. Musim kemarau banyak debu beterbangan sehingga mengganggu….
5. Saat hujan turun orang memakai….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s