latihan membuat matriks

  1. Buat “Matriks Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema”  seperti format berikut:

KELAS I SEMESTER 1

MP STANDAR KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR Keluar

Ga

Ling

Kungan

Kese

hatan

Hibu

Ran

Bina

tang

Diri

sendiri

PKn 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

1.1  Menjelaskan perbedaan jenis           kelamin, agama, dan suku bangsa

1.2  Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah

1.3  Menerapkan hidup rukun di       rumah dan di sekolah

2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah

2.1  Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah

2.2  Melaksanakan tata tertib di    rumah dan di sekolah

V

V

V

V

V
BHS

IND

Mendengarkan

1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

1.3    Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita

Berbicara

2. Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi

2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

2.2 Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan  fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

2.4  Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

Membaca

3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2  Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis

4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.2 Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

4.2  Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

V

V

V

V

V

V

V

V

V

V

V V

V

V

V

V

IPS 1. Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

1.1  Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat

1.2  Menceriterakan  pengalaman diri

1.3  Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga

1.4  Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

V

V

V
IPA

1. Mengenal anggota tubuh serta dan kegunaannya, serta cara perawatannya

1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

1.2  Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

1.3    Membiasakan hidup sehat

2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat

2.1  Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat

2.2  Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat

2.2  Menceritakan perlunya  merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar`

3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda

3.1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan

3.2  Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

3.3  Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar

V V

V

V

V

V

V

V

V
SBK

SENI RUPA

1. Mengapresiasi karya seni rupa

1.1  Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekita

1.2  Menunjukan  sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda  di alam sekitar

2      Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

2.1  Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

2.2  Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek

SENI MUSIK

3. Mengapresiasi karya seni musik

3.1  Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

3.2  Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

3.3.Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana

4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal

4.3  Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

4.4  Melafalkan lagu anak-anak

4.5  Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal

SENI TARI

5. Mengapresiasi karya seni tari

5.1 Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat

5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

6.1 Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan

6.2 Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s