RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : I/2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : 4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari
Kompetensi Dasar : 4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit
bergerak melalui percobaan
Indikator : 1. Menyebutkan bentuk benda yang mudah bergerak
2. Menyebutkan bentuk benda yang sulit bergerak
3. Memperagakan cara menggerakkan benda
4. Menyebutkan macam-macam bentuk gerakan benda
5. Menyebutkan perbedaan benda yang mempunyai kesamaan
6. Menyebutkan gerak benda disebabkan oleh dorongan atau tarikan
I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa mampu memahami berbagai energi dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
– Energi dan kegunaannya
III. Metode
– Ceramah
– Demonstrasi
– Tanya jawab
– Tugas
IV. Langkah-langkah
Pertemuan I
a. Kegiatan awal
– Mengungkap pengalaman siswa tentang macam-macam bentuk benda (Bundar, kotak, lonjong,
oval dan lain-lain)
b. Kegiatan inti
– Guru menunjukkan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak (bola,
kubus, balok, tabung, kelereng, mobil, sepeda motor, dll)
– Guru menjelaskan bentuk benda yang mduah bergerak dan bentuk benda yang sulit bergerak.
– Guru memberi tugas menyebutkan bentuk benda yang mudah bergerak dan bentuk benda
yang sulit bergerak.
c. Kegiatan akhir
Siswa ditugasi mencari/menyebutkan benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
Contoh:
Sepeda motor digerakkan mesin, sepeda motor mudah bergerak
Lemari dipindahkan dengan tangan manusia, lemari sulit bergerak
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
– Tanya jawab pelajaran yang lalu, misalnya: coba sebutkan benda apa yang mudah bergerak!
b. Kegiatan inti
– Guru menyiapkan alat-alat
– Guru mendemonstrasikan cara menggerakkan benda (menarik, mendorong, melempar,
menggelinding pensil, mengangkat, mengungkit)
– Guru memberi penjelasan dan cara-cara menggerakkan benda.
– Siswa diberi tugas cara-cara menggerakkan benda missal: mendorong lemari buku, melempar
bola kaki, mendorong meja belajar
c. Kegiatan akhir
Siswa diberi tugas menjawab pertanyaan, misalnya:
1. Apa yang digunakan manusia untuk berjalan?
2. Bagaimana bola kalau ditendang?
3. Apakah kamu dapat mendorong lemari buku?
Pertemuan III
a. Kegiatan awal
– Mengungkap pengalaman siswa tentang cara menggerakkan benda!
b. Kegiatan inti
– Guru memberikan penjelasan dan menyebutkan macam-macam bentuk gerakan benda.
– Siswa memperhatikan demonstrasi guru (bentuk gerakan lurus, bergerak melengkung,
melingkar)
– Guru memberi tugas untuk mencari / menyebutkan penyebab gerak benda tersebut.
c. Kegiatan akhir
– Menyimpulkan dan menyebutkan bentuk gerakan beberapa benda
– Bentuk gerakan benda tidak sama
– Ada yang cepat ada yang lambat
Pertemuan IV
a. Kegiatan awal
– Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu misalnya:
Benda apa yang berbentuk bulat?
Benda apa yang sulit bergerak?
b. Kegiatan inti
– Penjelasan membandingkan benda yang mempunyai persamaan dan perbedaan.
– Guru dan siswa melakukan pengamatan tentang bentuk bola dan kelereng, kemudian mencari
persamaan dan perbedaan bola dengan kelereng.
– Siswa menyimpulkan persamaan dan perbedaan.
c. Kegiatan akhir
– Siswa diberi tugas untuk mengamati semangka dan apel kemudian carilah persamaan dan
perbedaan
V. Alat dan Sumber Belajar
– Alat : Bola, kelereng, dan kipas
– Sumber : Buku Pelajaran IPA Kelas 1
VI. Penilaian
a. Teknik : Tertulis
b. Prosedur : Pos Test
c. Bentuk : Jawab singkat dan tertulis
d. Contoh Instrumen
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan 3 benda yang mudah bergerak!
2. Sebutkan 3 benda yang sulit bergerak!
3. Bagaimana gerobak dapat bergerak?
Pertemuan II
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Gerobak bergerak karena………..
2. Mobil-mobilan berjalan karena……….
3. Meja bergerak karena mendapat ……………..
Pertemuan III
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Bentuk gerakan kipas angin adalah ………
2. Bentuk gerakan bola ditendang adalah ……….
3. Bentuk gerakan kelapa jatuh adalah ………….
Pertemuan IV
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Carilah perbedaan dan kesamaan batu dan batu bata!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s