RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : I/1
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
Indikator : 1. Membandingkan bentuk benda
2. Menceritakan hasil pengamatan perubahan bentuk benda karena perlakuan
tertentu
3. Mengelompokkan benda-benda berdasarkan jenisnya
I. Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan bentuk-bentuk benda
2. Menyebutkan penyebab perubahan bentuk benda
3. Menyebutkan benda-benda berdasarkan jenisnya
II. Materi Pembelajaran
– Bentuk-bentuk benda
– Perubahan bentuk benda
– Bermain bentuk
III. Metode Pembelajaran
a. Demonstrasi
b. Unjuk kerja
c. Diskusi Tanya jawab
IV. Langkah-langkah
Pertemuan I
a. Kegiatan awal
Apersepsi:
– Guru menyiapkan bermacam-macam kertas yang berbentuk balok, kubus, bulat, tabung,
lingkaran, bujur sangkar dan segi tiga, plastisi
– Guru mengenalkan bentuk-bentuk benda tersebut
– Tanya jawab: kapas dapat diubah benang, benang diubah menjadi kain.
b. Kegiatan inti
– Guru meminta siswa berkelompok menurut kelompoknya masing-masing
– Guru membagikan kertas-kertas tersebut
– Guru meminta siswa membuat pola pada kertas-kertas tersebut.
– Guru siswa merubah bentuk kertas-kertas tersebut sesuai pola yang telah mereka kerjakan.
– Guru mengarahkan bahwa kertas dapat berubah bentuk jika dipotong/digunting
c. Kegiatan akhir
– Guru memberikan penjelasan kepada kelompok dengan kinerja baik dan menghasilkan polapola
yang menarik.
– Guru mengarahkan siswa untuk merangkum pelajaran
– Uji kompetensi: lisan
Contoh intrumen:
1. Sebutkan bentuk-bentuk kertas setelah pola-pola tersebut berubah!
2. Bagaimana sifat kapas dan dapat diubah menjadi apa?
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Apersepsi:
– Guru menyiapkan platisin, kotak, tabung, boneka, mobil-mobilan dari plastik
– Guru mengenalkan bentuk-bentuk benda
– Guru menjelaskan bahwa prastisin dapat diubah menjadi: kotak, tabung, bola, mobil-mobilan
dan boneka
b. Kegiatan inti
– Guru menunjukkan contoh-contoh bentuk benda
– Guru memberi contoh cara-cara merubah bentuk kertas
– Siswa merubah platisin menjadi kotak, bola, boneka, mobil-mobilan sesuai tugas dari guru
menurut kelompoknya masing-masing
– Siswa menyerahkan hasik karya pada guru
– Guru memberi penjelasan pada siswa tentang hasil karya yang kurang sempurna.
c. Kegiatan akhir
– Guru memberikan penjelaskan pada siswa bahwa platisin sifatnya lunaik, dan mudah dibuat
bentuk diubah dengan perlakuan
– Siswa membuat laporan tentang hasil karya tersebut secara lisan
– Uji kompetensi : Lisan
a. Tanah liat dapat diubah bentuk menjadi ………
b. Pastisin dapat diubah bentuk menjadi apa saja? Sebutkan 3 saja!
c. Platisin sifatnya ……….
d. Kaleng susu bentuknya ……….
e. Bola bentuknya ……….
V. Alat dan Sumber Belajar
– Benda-benda di sekitar kelas
– Platisin, kotak, tabung, bola, boneka, mobil-mobilan dari plastik
– Buku Pelajaran IPA Kelas 1
VI. Penilaian
1. Teknik penilaian : unjuk kerja
PR: Pi : Buatlah boneka dari gabus
Pa: Buatlah mobil-mobilan gabus
2. Bentuk Instrumen : Menjodohkan
Gambar
a. Tabung
b. Lingkaran
c. Bulat
d. Balok
e. Persegi panjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s