RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : II/1
Alokasi Waktu : … jam pelajaran (…x pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan
wujud yang dapat dialaminya
Kompetensi Dasar : 2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda akibat dari kondisi
tertentu
Indikator : 1. Mengidentifikasi benda-benda yang dapat berubah bentuk
2. Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi
benda cair dan sebaliknya
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat berubah bentuk
2. Siswa dapat membuat model binatang dari platisin
3. Siswa dapat membuat mainan dari tanah liat
Pertemuan II
1. Siswa dapat mencairkan lilin (benda padat) menggunakan api
2. Siswa dapat mencetak lilin cair menjadi padat dengan bentuk / model yang diinginkan.
3. Siswa dapat menyebutkan cara membuat es balok
B. Materi Pembelajaran
Bentuk dan wujud benda serta kegunaannya
C. Model Pembelajaran
– Percobaan
– Tugas
– Demonstrasi
– Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Pertemua pertama
a. Kegiatan awal
– Guru menanyakan sifat benda padat
– Guru menunjukkan platisin atau tanah liat
b. Kegiatan inti
– Guru minta anak menunjukkan platisin dan tanah liat
– Anak menyiapkan platisin / tanah liat
– Guru memberi contoh membentuk platisin, mejadi bentuk mainan yang diinginkan
– Membimbing anak untuk membuat kesimpulan
c. Kegiatan akhir
– Guru membimbing peserta didik membuat catatan rangkuman
– Memberi penghargaan terhadap hasil karya anak
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal
1. Guru menanyakan sifat benda padat (patisin)
2. Menanyakan platisin berubah bentuk karena apa?
b. Kegiatan inti
– Anak dibagi menjadi beberapa kelompok
– Guru menunjukkan sebatang lilin dan korek api
– Tiap kelompok melakukan percobaan menyalakan lilin
– Dengan bimbingan guru lilin cair dibentuk menjadi padat (dengan didinginkan) setelah
menjadi dingin guru menunjukkan bahan es balok (benda padat) dapat mencair menjadi air
(benda cair)
– Anak mengamati proses perubahan es balok menjadi cair
c. Kegiatan akhir
– Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan
– Membuat rangkuman
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran IPA Kelas 2
2. Benda-benda sekitar (platisin, lilin, es balok, mentega)
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian : Tes tertulis, lisan, perbuatan
2. Prosedur : Pos tes
3. Bentu : Lisan, perbuatan
4. Instrumen : Isian, uraian
Contoh instrumen :
I. 1. Platisin bila ditekan-tekan bentuknya…
2. Lilin dipanaskan menjadi….
3. Es balok bila di…. Menjadi air
II. 1. Bagaimana cara membuat es balok?
2. Sebutkan 3 contoh benda padat yang lunak?
3. Bagaimana cara mencairkan mentega?
4. Apakah fungsi kulkas dalam rumah tangga?
Jawab!
I. 1. berubah
2. cair
3. didinginkan
II. 1. air dimasukkan dalam wadah didinginkan dalam frezer
2. mentega, agar-agar
3. dipanaskan
4. membuat es balok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s