RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : II/II
Alokasi Waktu : … jam pelajaran (…3x pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi sumber energi (panas, listrik cahaya, bunyi)
Indikator : 1. Menyebutkan sumber energi panas
2. Menyebutkan sumber energi listrik
3. Menyebutkan sumber energi cahaya
4. Menyebutkan sumber energi bunyi
1. Tujuan Pembelajaran
1. Menyebutkan sumber-sumber energi
2. Menyebutkan mainan-mainan yang dapat berbunyi
2. Materi Pembelajaran
Sumber panas dan sumber bunyi
3. Metode Pembelajaran
1. Observasi
2. Tugas
3. Tanya jawab
4. Langkah-langkah
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal
1. Memotivasi siswa menyalakan lampu
2. Menanyakan pada siswa apakah pernah menjemur pakaian
b.Kegiatan inti
1. Guru mempresentasikan berapa sumber energi
2. Mengajak siswa membaca buku untuk memahami konsep energi
3. Mengajak siswa keluar kelas untuk menuju peralatan tentang energi panas
4. Guru menunjukkan berapa sumber energi panas dan listrik
5. Menanyakan pada siswa berapa energi yang telah diperkenalkan
6. Membimbing siswa untuk mencatat rangkuman
c. Kegiatan akhir
1. Uji kompetensi disampaikan secara lisan
2. Memberi penghargaan pada sisa yang telah berhasil melaksanakan tugas
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal
– Tanya jawab tentang sumber panas dan listrik
– Menanyakan mengapa pada malam hari tampak gelap dan pada siang hari tampak
terang
b. Kegiatan inti
– Guru membimbing siswa membuat tabel pengamatan
– Tunjukkan beberapa sumber energi cahaya dan bunyi
· nyalakan lampu listrik
· nyalakan lampu senter
· bunyikan terompet
– Arahkan siswa agar melengkapi tabel satu demi satu
– Siswa diminta untuk membaca hasil pengamatan
– Guru memberi tugas menuliskan sumber energi dan bunyi
c. Kegiatan akhir
– Uji kompetensi secara lisan
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan awal
– Tunjukkan permainan gitar siswa
– Mempersiapkan peralatan pembuatan mainan
b. Kegiatan inti
– Memberi contoh pembuatan gitar sederhana
– Mempersiapkan peralatan pembuayan mainan
– Mencoba peralatan yang sudah dibuat sambil menyanyi
c. Kegiatan akhir
– Memberi penghargaan pada siswa atas karyanya
– Memajang hasil karya siswa
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran IPA Kelas 2
2. Gambar: seterika, batrei, lampu, kompor, alam sekitar
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian : Lisan
2. Bentuk penilaian instrumen
a. Tes lisan
1. Matahari sumber energi….
2. Kayu bakar sumber energi …
3. Lampu senter sumber energi….
4. Tape recorder sumber energi….
5. Kipas angina dapat bergerak karena energi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s