RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : II/II
Alokasi Waktu : … jam pelajaran (…x pertemuan)
Standar Kompetensi : 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi hari, siang hari dan
sore hari
4.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Menjelaskan kenampakan matahadi pada waktu pagi, siang, sore
2. Menyebutkan pengaruh kedudukan matahari pada siang, sore, pagi
3. Menggambar bayangan benda pada waktu pagi, siang, sore
4. Menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan
sehari-hari
5. Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari bagi tubuh
6. Bertindak tepat terhadap pengaruh panas matahari dalam kegiatan
sehari-hari
1. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan kemampuan matahari pagi, siang, sore hari
2. Menjelaskan pengaruh kedudukan matahari pagi, siang, sore
3. Membandingkan gambar bayangan benda di waktu pagi, siang, sore
4. Menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
5. Melakukan tindakan yang tepat terhadap pengaruh dan cahaya matahari
2. Matari Pembelajaran
1. Kedudukan matahari
2. Pengaruh kedudukan matahari
3. Kegunaan cahaya dan panas matahari
4. Pengaruh panas dan cahaya matahari
5. Metode Pembelajaran
1. Model : CTL, Analisis konsep
2. Metode : Observasi, Tanya jawab, tugas
6. Langkah-langkah
Pertemuan pertama
a. Kegiatan awal
Memotivasi siswa menampilkan gambar matahari yang sedang terbit, menggambarkan
waktu
Anak-anak bernyanyi:
1. pagi yang indah
2. waktu menyingsing
3. pagi sunyi senyap
b. Kegiatan inti
1. Pengetahuan umum matahari
2. Membuat undian bertuliskan pagi, siang, sore hari
3. Siswa menuliskan kenampakan matahari waktu pagi, siang, sore hari menurut undian
4. Guru meminta beberapa siswa membacakan hasil diskripsi
5. Mintalah siswa membaca materi tentang kedudukan matahari
6. Mintalah siswa mengulang mendiskripsikan kenampakan matahari menurut tugasnya
c. Kegiatan akhir
1. Guru membimbing siswa membuat catatan
2. Uji kompetensi disampaikan secara lisan
3. Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal
1. Memotivasi siswa bagaimana penampakan matahari dari waktu ke waktu.
2. Pengetahuan : mengapa bumi ada tempat yang teduh ada tempat yang panas
c. Kegiatan inti
1. Ajaklah siswa keluar kelas terapkan beberapa tingkat di tanah lapang
2. Mintalah siswa mengamati tempat yang gelap tongkat dari waktu ke waktu selang 30
menit
No Jam Panjang Bayangan
1. 07.30
2. 08.00
3. 08.30
4. 09.00
5. 09.30

3. Guru membimbing siswa mengambil ukuran bayangan benda
4. Mintalah beberapa siswa membaca hasil pengamatan
5. Guru menuntut siswa membuat kesimpulan
c. Kegiatan akhir
1. Uji kompetensi disampaikan secara lisan
2. Memberi penghargaan hasil kerja siswa dan memajangnya
4. Pertemuan ketiga
a. Kegiatan awal
1. Memotivasi siswa apakah pancaran matahari terasa panas
2. Pengetahuan: mengapa menjemur pakaian di siang hari
b. Kegiatan inti
1. Ajaklah siswa keluar kelas mengamati kegiatan masyarakat yang memanfaatkan panas
dan cahaya matahari
2. Guru membimbing dan menunjukkan kegiatan masyarakat yang memanfaatkan panas
matahari dan meminta siswa mencatat dengan bahasa sendiri.
3. Guru meminta beberapa siswa membaca hasil pengamatan guru menulisnya
4. Guru meminta siswa mencoba mengerjakan kegiatan
5. Guru memeriksa apakah siswa sudah bekerja dengan benar dan memberi bimbingan
siswa yang mendapat kesulitan
c. Kegiatan akhir
1. Membahas hasi tugas siswa
2. Membuat catatan
3. Uji kompetensi
7. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran IPA Kelas 2
2. Lingkungan sekitar
8. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes lisan
2. Bentuk penilaian instrumen
a. Matahari terbit di sebelah….
b. Matahari saat terbit berwarna….
c. Pakaian yang dijemur dapat….
d. Sore hari matahari di sebelah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s