RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1/2
Alokasi Waktu : 6 jam Pel (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hak-hak yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga),
Indikator : – Mengidentifikasi perubahan-perubahan
– Menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi
dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
– Menjelaskan pentingya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
dan perkembangan anak.
I. Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1. Menjelaskan perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
2. Membuktikan adanya pertumbuhan manusia.
3. Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan pertumbuhan fungsi badan.
4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seseorang
II. Materi Pembelajaran.
Pertumbuhan pada makhluk hidup
III. Metode:
Diskusi
Tanya jawab
Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran.
Pertemuan I.
a. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang perbedaan orang dewasa dan anak-anak.
Apakah pertumbuhan itu? Apa sajakah yang mempengaruhi pertumbuhan
b. Kegiatan Inti
Secara klasikal siswa mengamati gambar perubahan yang terjadi sepanjang hidup manusia.
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan manusia dan faktor yang mempengaruhi.
Guru meminta siswa menafsirkan berdasarkan data pengukuran bahwa tinggi dan berat badan
menunjukkan perubahan.
Siswa dibagi menjadi kelompok-kelopok
Siswa mengerjakan lembar tugas sesuai dengan tugasnya masing-masing
Guru membahas hasil kelompok siswa
Guru memberikan umpan balik dan pengamatan.
c. Kegiatan Akhir
Membimbing siswa merangkum pelajaran ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup.
Memberi tugas PR.
V. Alat dan Sumber Bahan.
a. Alat : Gambar perubahan yang terjadi sepanjang hidup
Timbangan
Ukuran tinggi badan
b. Sumber bahan :
Buku pelajaran IPA Kelas 3
VI. Penilaian
A. Lembar Tugas
Ukurlah tinggi dan berat temanmu secara bergantian
Catatlah hasilnya dalam table berikut.
No Nama Siswa Tinggi badan (CM) Berat badan (Kg)
1
2
3
4
5
6
Tertulis.
1. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan?
2. Sebutkan 3 hal yang membuktikan bahwa manusia mengalami pertumbuhan!
3. Apa yang dimaksud dengan perkembangan?
4. Jelaskan perkembangan yang terjadi pada manusia!
5. Samakah tinggi dan berat badan pada anak yang usianya sama?
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Tanya jawab siswa dengan siswa tentang berat badan dan tinggi badan.
Tanya kan pada siswa tentang mengapa tinggi dan berat badan tidak sama untuk setiap
orang.
b. Kegiatan Inti
– Secara klasikal siswa memperhatikan gambar dan contoh makanan bergizi.
– Guru menjelaskan tentang pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
dan perkembangan anak.
– Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
– Setiap mengerjakan tugas kelompok dengan bimbingan guru.
– Guru dan siswa membahas hasil kerja kelompok
c. Kegiatan Penutup
– Guru membimbing siswa merangkum pelajaran
– Siswa menulis PR
VII. Alat dan Sumber Bahan.
a. Alat : Gambar makanan bergizi
Kartu Menuju Sehat
Gambar pertumbuhan anak
b. Sumber bahan :
Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VIII. Penilaian
a. Tertulis.
1. Jelaskan pentingnya makan makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan anak!
2. Bagaimanakah pertumbuhan yang sehat pada anak!
3. Apa tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita!
4. Apa yang dimaksud dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) itu ?
5. Apakah kesehatan seseorang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya,
beri contoh !
b. Lembar Tugas
No Soal Jawab
1
2
3
Daftarlah makanan yang mengandung zat penghasil energi
Dattarlah makanan yang mengandung zat pembangun
Dattarlah makanan yang mengandung zat pengatur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s