RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1/2
Alokasi Waktu : 6 jam Pel (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hak-hak yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olah raga),
Indikator : – Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan buatan (pengawet,
penyedap, pewarna) terhadap kesehatan.
– Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan buatan (pengawet,
penyedap, pewarna) terhadap kesehatan.
– Menjelaskan hubungan rekreasi, istirahat, olah raga dengan kesehatan.
I. Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1. Menjelaskan pengaruh bahan pengawet makanan terhadap kesehatan.
2. Menjelaskan pengaruh bahan penyedap terhadap makanan.
3. Menjelaskan pengaruh bahan pewarna terhadap kesehatan.
4. Menjelaskan hubungan rekreasi dengan kesehatan
II. Materi Pembelajaran.
Perubahan pada makhluk hidup
III. Metode
Diskusi
Tanya jawab
Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran.
Pertemuan I.
a. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang kemasan makanan yang pernah dibeli
Tanya jawab tentang pengaruh makanan dengan tambahan bahan buatan.
b. Kegiatan Inti
Guru mengarahkan siswa untuk membuka dan membaca buku siswa.
Guru menjelaskan tentang pengaruh bahan makanan tambahan buatan terhadap kesehatan.
Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok
Siswa mengerjakan lembar tugas sesuai dengan tugasnya masing-masing
Guru membahas hasil kelompok siswa
Guru memberikan umpan balik dan pengamatan.
c. Kegiatan Akhir
Membimbing siswa merangkum pelajaran
Memberi tugas PR.
V. Alat dan Sumber Bahan.
a. Alat : Contoh kemasan makanan
Makanan yang mengandung pengawet buatan
Makanan yang mengandung pewarna buatan
b. Sumber bahan :
Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VI. Penilaian
A. Lembar Tugas
Kumpulkan kemasan makanan yang sering kamu makan
Catatlah bahan buatan yang ditambahkan kedalam makanan yang tertulis dalam kemasan itu
pada table.
No Nama Makanan Bahan buatan yang ditambahkan pada makanan
1
2
3
4
Ciki
Pertanyaan
1. Apakah tujuan penambahan bahan buatan pada makanan?
2. Carilah informasi dari majalah atau buku siswa mengenai pengaruh bahan buatan?
3. Apa kesimpulanmu?
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Guru dan siswa tanya jawab tentang rekreasi yang pernah dialami.
b. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan tentang hubungan rekreasi, istirahat, dan olah raga dengan kesehatan.
Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
Siswa mengerjakan tugas kelompok dengan bimbingan guru.
Guru dan siswa membahas hasil kerja kelompok
c. Kegiatan Penutup
Guru membimbing siswa merangkum pelajaran
Siswa menulis PR
VII. Alat dan Sumber Bahan.
a. Alat : Gambar tempat rekreasi
Gambar macam-macam bentuk olah raga
c. Sumber bahan :
Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VIII. Penilaian
a. Lembar Tugas
Kesehatan seseorang yang dimaksud mencakup kesehatan jasmani dan kesehatan rokhani
Tulislah pada lembar kerja di bawah ini.
Kebutuhan untuk memenuhi kesehatan
No Jasmani No Rokhani
1
2
3
4
Olah raga 1 Rekreasi
Tes tertulis
1. Tulislah tiga macam bentuk istirahat!
2. Bagaimanakah cara untuk menjaga kesehatan!
3. Jelaskan manfaat rekreasi, istirahat dan olah raga?
4. Sebutkan 3 macam bentuk olah raga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s