RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1/2
Alokasi Waktu : 6 jam Pel (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan
upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Kompetensi Dasar : 2.1. Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
Indikator : – Membedakan kondisi lingkungan yang sehat dan yang tidak sehat.
– Menjelaskan manfaat lingkungan sehat.
I. Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1. Membedakan kondisi lingkungan yang sehat, dan yang tidak sehat.
2. Menjelaskan manfaat lingkungan sehat.
II. Materi Pembelajaran.
Lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
III. Metode
Diskusi
Tanya jawab
Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran.
Pertemuan I.
a. Kegiatan awal
Memberi salam dan memberi pelajaran dengan berdoa siswa diabsen
Menjelaskan materi yang akan diajarkan
Meminta siswa menyiapkan buku.
b. Kegiatan Inti
Guru mendemonstrasikan contoh gambar lingkungan yang sehat dan yang tidak
Guru menjelaskan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.
Siswa dibagai menjadi kelompok-kelompok
Siswa mengerjakan lembar tugas sesuai dengan tugasnya masing-masing
Guru membahas hasil kelompok siswa
Guru memberikan umpan balik dan pengamatan
c. Kegiatan Akhir
Membimbing siswa merangkum pelajaran
Memberi tugas PR.
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Memberi salam, berdoa lalu diabsen
Memberi sedikit penjelasan mengulang materi lalu
Meminta siswa mengeluarkan buku.
b. Kegiatan Inti
Siswa tanya jawab tentang materi
Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
Siswa membahas bersama-sama hasil diskusi
Siswa satu siswa satu-satu diberi pertanyaan secara lisan
c. Kegiatan Penutup
Guru membimbing siswa merangkum pelajaran
Siswa menulis PR
V. Alat dan Sumber Bahan.
a. Alat : Gambar lingkungan sehat
Gambar macam-macam bentuk olah raga
c. Sumber bahan :
Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VI. Penilaian
a. Tertulis
1. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan sehat dan tidak sehat ?
2. Jelaskan manfaat lingkungan yang sehat
b. Praktik
Tunjukkan pada gambar mana lingkungan yang bersih!
Lembar diskusi
1. Sebutkan manfaat lingkungan sehat!
2. Berilah tanda (X) jika menurutmu tempat itu lingkungan yang sehat!
No Nama Lingkungan Sehat Tidak sehat
1
2
3
4
5
Terminal bus
Daerah Pegunungan
Sekitar tempat sampah
Sekitar bendungan
Sekitar pabrik

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s