RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1,2
Alokasi Waktu : 6/ 35 menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan
upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Kompetensi Dasar : 2.2.Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan
Indikator : – Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
– Menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN.
1. Siswa dapat menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
2. Siswa dapat menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
Lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
Guru menjelaskan tentang :
– Pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
– Penyebab pencemaran lingkungan.
2. Tanya jawab
Siswa bertanya jawab tentang materi.
3. Diskusi
Siswa berkelompok untuk berdiskusi dan lembar diskusi terlampir.
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
Pertemuan 1.
1. Kegiatan awal
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan berdoa dan mengabsen
b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan, beserta kompetensi yang akan dicapai secara
singkat.
c. Meminta siswa untuk menyiapkan buku IPA.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
b. Siswa bertanya tentang penjelasan guru.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi PR untuk dikerjakan di rumah.
b. Siswa bersama-sama berdoa dan mengucapkan selamat siang kepada guru sebagai
penutup pembelajaran.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
a. Memberi salam
b. Memberi pertanyaan tentang materi yang lalu.
c. Meminta siswa untuk menyiapkan buku IPA.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membentuk kelompok
b. Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan tugas kelompok.
c. Siswa dapat menjawab setiap pertanyaan guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi tugas siswa untuk menghafal materi di rumah.
b. Siswa berdoa bersama sebagai penutup kegiatan pembelajaran.
V. ALAT/ BAHAN/SUMBER BELAJAR.
– Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
– Lembar diskusi terlampir.
VI. PENILAIAN
A. Tertulis
Instrumen :
1. Sebutkan 3 hal yang menyebabkan lingkungan dapat tercemar!
2. Jelaskan bahaya yang disebabkan pencemaran lingkungan!
B. Praktek
Instrumen :
1. Tunjukkan pada gambar mana yang dapat menyababkan pencemaranlingkungan!
LEMBAR DISKUSI
Diskusikan dengan kelompok masing-masing!
Soal :
1. Diskusikan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan!
2. Diskusikan penyebab pencemaran lingkungan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s