RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1,2
Alokasi Waktu : 6/ 35 menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan
upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Kompetensi Dasar : 2.3.Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
Indikator : – Melakukan kesehatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
– Membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang
tidak sehat berdasarkan pengamatan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN.
1. Siswa dapat melakukan kesehatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan.
2. Siswa dapat membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak
sehat berdasarkan pengamatan.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
Lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
Guru menjelaskan tentang materi disertai tanya jawab.
2. Praktek
– Siswa mempraktekkan penanaman pohon di lingkungan sekolah.
– Siswa mempraktekkan membakar sampah dan membersihkan lingkungan.
3. Diskusi
Siswa membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
berdasarkan pengamatan. (Lembar pengamatan terlampir).
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
Pertemuan 1.
1. Kegiatan awal
a. Tanya jawab pelajaran yang lalu tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang
tidak sehat.
b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan
c. Meminta siswa untuk menyiapkan buku IPA dan alat-alat praktek.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
b. Siswa berkelompok siswa melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan
membakar sampah.
c. Guru menilai satu persatu cara kerja siswa.
3. Kegiatan Akhir
Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan penanaman pohon di lingkungan rumah
masing-masing.
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
a. Tanya jawab pelajaran yang lalu tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang
tidak sehat.
b. Menjelaskan mana yang akan diajarkan.
c. Meminta siswa untuk menyiapkan buku IPA.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
b. Dengan bimbingan guru, siswa membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan
lingkungan yang tidak sehat (di sekitar sekolah).
c. Siswa mengisi lembar pengamatan yang tersedia.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi tanya jawab untuk pemantapan materi.
b. Guru memberi tugas PR.
V. ALAT/ BAHAN/SUMBER BELAJAR.
– Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
– Lembar pengamatan (terlampir).
VI. PENILAIAN
A. Tertulis
Instrumen :
1. Siapakah yang bertanggung jawab untuk membuat lingkungan menjadi sehat?
2. Sebutkan 3 cara untuk menjaga kesehatan lingkungan!
B. Praktek
Instrumen :
1. Tanamlah pohon di rumah/sekolah!
2. Bakarlah sampah yang menumpuk!
3. Bersihkan lingkungan sekolah!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s