RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III/1
Pertemuan Ke : 1,2
Alokasi Waktu : 6/ 35 menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Benda dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 3.2. Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau
rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka.
Indikator : – Mendemonstrasikan adanya sifat pada benda akibat pembakaran,
pemanasan dan diletakkan di udara terbuka.
– Mendomonstrasikan adanya sifat pada benda akibat pembakaran,
pemanasan dan diletakkan di udara terbuka.
– Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengamati gejala dan fakta di sekitarnya serta hasil percobaan sederhana untuk
mengenali sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
Perubahan sifat benda.
III. METODE PEMBELAJARAN
– Percobaan
– Tanya Jawab
– Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
Pertemuan 1.
A. Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran yang lalu tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
B. Kegiatan Inti
1. Guru dan murid mengadakan demonstrasi/percobaan tentang adanya perubahan sifat pada
benda akibat perubahan.
Contoh akibat percobaan/perubahan.
· Dari proses pembakaran kertas akan berubah warna dan bentuk.
2. Guru dan Murid mengadakan demonstrasi/percobaan tentang adanya perubahan sifat pada
benda akibat pemanasan/perubahan.
Contoh percobaan akibat pemanasan:
· Dari proses pemanasan es batu diletakkan di bawah sinar matahari akan mencair.
3. Guru dan murid mengadakan demonstrasi/percobaan tentang adanya perubahan sifat pada
benda akibat diletakkan di udara terbuka.
C. Kegiatan Akhir
– Peserta didik membuat laporan percobaan secara kelompok.
Pertemuan 2
A. Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran yang lalu tentang benda padat dan benda cair.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang perubahan sebuah benda pada menjadi cair begitu
sebaliknya.
2. Guru menjelaskan tentang perbandingan benda sebelum dan sesudah mengalami
perubahan.
C. Kegiatan Penutup
1. Siswa merangkum semua materi yang lebih/telah dijelaskan oleh guru.
2. Siswa menulis tugas PR.
V. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat
– Kertas, korek api, es, batu, apel, pisang.
– Kayu, cabe.
2. Sumber bahan
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VI. PENILAIAN
A. Percobaan
1. Peserta didik melakukan percobaan tentang perubahan sifat benda akibat :
· Pembakaran : kertas dibakar menjadi hitam.
· Pemanasan : Es batu diletakkan di bawah sinar matahari akan mencair.
· Pengupasan : Apel, pisang dikupas dianginkan akan berubah warna.
2. Siswa melakukan percobaan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahan :
1. Kayu dibuat meja.
2. Cabe yang sebelum dimasak dan sesudah dimasak.
B. Siswa membuat laporan percobaan secara tertulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s