RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III/1I
Standar Kompetensi : 4. Energi dan Perubahannya
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan
sumber energi.
Kompetensi Dasar : 4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh
bentuk dan ukuran.
Indikator : – Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan misalnya :
menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, bergetar.
– Mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang mempengaruhi gerak
benda misalnya : berat, ringan, bentuk permukaan benda dan kekasaran
permukaan benda.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan percobaan bermacam-macam gerak benda
2. Siswa dapat menyebutkan 3 contoh gerak
3. Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat mempengaruhi gerak benda
B. Materi pembelajaran.
Gerak Benda
C. Metode Pembelajaran
– Perbuatan
– Tugas
– Unjuk kerja
– Tanya Jawab
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
– Sebagai kegiatan awal guru menanyakan tentang gerakan benda
– Apakah setiap benda dapat bergerak jika ada yang menggerakkan?
b. Kegiatan Inti
– Guru menjelaskan tentang materi bermacam-macam gerak benda
– Siswa memperhatikan penjelasan guru dalam melakukan percobaan tentang bermacammacam
gerak benda.
– Guru membentuk kelompok kerja
– Guru menyuruh siswa melakukan percobaan dan mengamati hasilnya
– Guru membimbing dan mengamati cara kerja siswa
c. Kegiatan Akhir
– Setelah selesai melakukan percobaan guru menyuruh siswa mencatat hasil kesimpulan
dari hasil pengamatan/percobaan
2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Awal
Guru menyuruh anak melempar bola pinggang bersama bulu bersamaan. Manakah diantara
kedua benda tersebut yang lebih dulu jatuh ke tanah?
b. Kegiatan Inti
– Guru menjelaskan tentang materi hal-hal yang dapat mempengaruhi gerak benda-benda
dengan melakukan percobaan.
– Siswa memperhatikan penjelasan guru
– Guru membentuk kelompok kerja
– Guru menyuruh siswa melakukan percobaan
– Guru membimbing dan mengamati cara kerja siswa
c. Kegiatan Akhir
– Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan dari hasil percobaan
E. Alat Dan Sumber Belajar
1. Alat Belajar
Bola, pensil, batu, air, sepeda, roda, kelereng, selang, gotri, minyak goreing, bola, buku, meja.
2. Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
F. Penilaian Hasil Belajar
– Teknik penilaian : Tertulis
– Prosedur : Post tes
– Bentuk tes : Perbuatan, tertulis, lisan
– Instrumen :
Contoh instrument
1. Kapan benda itu dikatakan diam dan kapan dikatakan bergerak?
2. Sebutkan 3 contoh gerak benda!
3. Yang dapat mempengaruhi gerak benda adalah ….
4. Benda yang bergerak di dalam zat cair dipengaruhi oleh ….
Kunci :
1. Jika tidak ada yang menggerakkan
Jika ada yang menggerakkan
2. Menggelinding, memantuk, berputar
3. bentuk dan ukuran benda
4. kekentalan zat cair

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  1. tolong diberikan media yang cocok untuk materi pelajaran gerk benda ini?
    terimaksih

    qt bisa menggunakan bola, kelereng/gundu,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s