RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1I
Standar Kompetensi : 4. Energi dan Perubahannya
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan
sumber energi.
Kompetensi Dasar : 4.2. Mendiskusikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak,
getaran dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : – Menunjukkan adanya pengaruh energi berdasarkan pengamatan. Misalnya
panas dari sinar matahari, kincir angina berputar bila ditiup angina
– Menyimpulkan berdasarka hasil pengamatan bahwa energi itu ada, tidak
dapat dilihat tetapi dapat dirasakan.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian energi
2. Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi panas, angina, gerak
3. Siswa dapat menjelaskan bahwa energi itu ada, tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan
B. Materi pembelajaran.
Energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari
C. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tugas
– Demonstrasi
– Tanya Jawab
– Eksperimen
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
– Sebagai kegiatan awal guru mengadakan tanya jawab : Apakah energi itu ?
– Dapatkah kita melakukan kegiatan tanpa mempunyai energi?
b. Kegiatan Inti
– Guru menjelaskan pengertian energi
– Siswa memperhatikan penjelasan guru dalam melakukan percobaan pengaruh energi
dalam kehidupan sehari-hari.
– Guru membentuk kelompok kerja
– Guru menyuruh siswa melakukan percobaan dan mengamati hasilnya
– Guru membimbing dan mengamati cara kerja siswa
c. Kegiatan Akhir
– Setelah selesai melakukan percobaan guru menyuruh siswa mencatat hasil kesimpulan
dari hasil pengamatan/percobaan
2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Awal
– Guru menyuruh siswa bermain/memetik gitar
– Bagaimana bunyi gitar dapat terjadi? Apakah kamu dapat mendengar bunyi tersebut?
b. Kegiatan Inti
– Guru menjelaskan kepada siswa bahwa energi itu ada, tetapi tidak dapat dilihat dan
dapat dirasakan.
– Siswa memperhatikan penjelasan guru
c. Kegiatan Akhir
– Setelah selesai menjelaskan materi guru menyuruh siswa merangkum materi
E. Alat Dan Sumber Belajar
1. Alat Belajar
Kincir angin, pakaian, sinar matahari, gitar, kertas, air, makanan
2. Sumber Belajar
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
F. Penilaian Hasil Belajar
– Teknik penilaian : Tertulis
– Prosedur : Post tes
– Bentuk tes : Perbuatan, tertulis, lisan
– Instrumen :
Contoh instrument
1. Kemampuan untuk melakukan kerja disebut ….
2. Pakaian basah yang dijemur menjadi kering karena mendapat energi dari ….
3. Sebutkan peristiwa yang menunjukkan bahwa disekitar kita ada energi!
4. Sebutkan sumber energi yang ada disekitar kita!
Kunci :
1. energi
2. matahari
3. – Pengeringan pakaian dibawah sinar matahari
– kincir angina dapat berputar jika ditiup
– gitar dapat berbunyi jika dipetik
– tubuh bertenaga setelah makan
4. makanan, minyak tanah, kayu baker, listrik, sinar matahari, air, angina, baterai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s