RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/2
Pertemuan Ke : 1, 2
Alokasi Waktu : 6/ 35 menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan konsep energi gerak
Kompetensi Dasar : 5.2. Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Menujukkan adanya cara menghemat energi berdasarkan pengamatan,
misalnya panas dari sinar matahari, kincir angin berputar bila ditiup angin
dan memetik gitar menghasilkan bunyi.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Melakukan pengamatan energi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan cara menghemat energi berdasarkan pengamatan.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari :
– Sumber energi yang banyak digunakan adalah bahan bakar minyak dan listrik.
– Jumlah kedua sumber enerti itu terbatas, sehingga harus dihemat.
– Cara-cara penghematan energi antara lain:
a. Matikan kompor jika sudah tidak digunakan
b. Matikan semua barang elektronik jika tidak digunakan.
III. METODE PEMBELAJARAN
– Ceramah
– Diskusi tanya jawab
– Perbuatan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal
1. Motivasi
Tanyakan kepada peserta didik energi-energi apa saja yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Pengetahuan Prasyarat
Ajukan pertanyaan darimana energi-energi itu diperoleh.
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka
dan membaca buku siswa.
2. Guru meminta murid mengamati energi yang biasa digunakan.
3. Guru menjelaskan energi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Guru menjelaskan sumber energi yang biasa digunakan.
5. Peserta didik menyelesaikan tugas membuat daftar energi dan sumber energinya.
c. Kegiatan Akhir
1. Membimbing peserta didik merangkum pelajaran.
2. Peserta didik menulis tugas PR.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal
1. Motivasi
Tanyakan kepada peserta didik apa saja yang harus dihemat dalam penggunaannya.
2. Pengetahuan Prasyarat
Ajukan pertanyaan bagaimana cara menghemat energi yang bisa dilakukan.
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka
dan membaca buku siswa.
2. Guru menjelaskan energi-energi apa saja yang harus dihemat.
3. Guru menjelaskan alasan kenapa energi itu harus dihemat.
4. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusika cara-cara apa saja yang bisa dilakukan
untuk menghemat energi.
5. Guru menjelaskan cara-cara menghemat energi di rumah ataupun di sekolah.
c. Kegiatan Akhir
1. Membimbing peserta didik merangkum pelajaran.
2. Uji Kompetensi Tertulis
a. Sebutkan usaha yang dapat kamu lakukan untuk menghemat energi di rumah dan di
sekolah!
V. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat
2. Sumber Bahan
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VI. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
– Tes tertulis : PG dan Essay
2. Contoh Instrumen
1. Energi yang dimiliki oleh angin disebut ….
a. Energi gerak
b. Energi panas
c. Energi bunyi
d. Energi kimia
2. Berilah 2 contoh cara menghemat energi yang dapat dilakukan di sekolah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s