RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/2
Pertemuan Ke : 1, 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kemampuan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan
melestarikan alam.
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendeskripsikan kemampuan permukaan bumi di lingkungan sekitar.
Indikator : – Membuat daftar berbagai bentuk permukaan bumi.
– Menyimpulkan bahwa bentuk bumi tidak datar, tetapi bulat
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengamati bentuk permukaan bumi dan model permukaan bumi tidak datar,
tetapi bulat.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Penampakan permukaan bumi.
III. METODE PEMBELAJARAN
– Tanya jawab (lisan)
– Diskusi
– Pengamatan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
1. Pertemuan Pertama
A. Kegiatan awal
Tanya jawab singkat tentang bentuk permukaan bumi yang ada di sekitar anak.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang berbagai bentuk permukaan bumi.
2. Guru menjelaskan tentang perbedaan gunung dan pegunungan.
3. Guru menjelaskan tentang perbedaan bukit dan perbukitan.
4. Siswa membuat daftar berbagai bentuk permukaan bumi serta penjelasannya.
C. Kegiatan Akhir
0. Peserta didik merangkum semua materi yang telah dijelaskan oleh guru.
1. Peserta didik menulis tugas PR.
2. Pertemuan Kedua
A. Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran yang lalu tentang bentuk permukaan bumi.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang bentuk bumi.
2. Guru menjelaskan tentang globe.
3. Peserta didik diajak untuk mengamati bentuk bumi pada globe.
C. Kegiatan Akhir
1. Siswa merangkum semua materi yang telah dijelaskan oleh guru.
2. Siswa menulis tugas PR.
V. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat
– Gambar permukaan bumi
– Lingkungan sekitar
– Globe
2. Sumber Bahan
– Buku Pelajaran IPA Kelas 3
VI. PENILAIAN
A. Tertulis
1. Bagaimanakah keadaan kenampakan permukaan bumi?
2. Apakah yang dimaksud dengan :
a. Pegunungan
b. Perbukitan
c. Dataran tinggi
d. Dataran rendah
3. Apakah yang dimaksud dengan globe?
4. Jelaskan bagaimanakah bentuk bumi itu !
B. Pengamatan
1. Amatilah gambar bentuk permukaan bumi yang ada buku Paket Sains 1 hal 62 dan 63 !
2. Amatilah bentuk bumi pada globe!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s