RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/2
Pertemuan Ke : 1, 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kemampuan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan
melestarikan alam.
Kompetensi Dasar : 6.3. Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
Indikator : – Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca
tertentu
– Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
cuaca.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mendiskusikan kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Cuaca dan pengaruhnya bagi manusia.
III. METODE PEMBELAJARAN
– Tanya jawab (lisan)
– Diskusi
– Pengamatan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN.
1. Pertemuan I
A. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang kegiatan manusia di sekitar anak.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca.
2. Siswa menyelesaikan tugas membuat daftar kegiatan manusia yang sesuai dengan
keadaan cuaca.
C. Kegiatan Akhir
1. Siswa merangkum semua materi yang telah dijelaskan oleh guru.
2. Siswa menulis tugas PR.
2. Pertemuan II
A. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang hubungan pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan
keadaan cuaca.
2. Siswa menyelesaikan tugas membuat daftar kegiatan manusia yang sesuai dengan
keadaan cuaca.
C. Kegiatan Akhir
1. Siswa merangkum semua materi yang telah dijelaskan oleh guru.
2. Siswa menulis tugas PR.
V. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat
– Gambar macam-macam kegiatan manusia yang sesuai dengan pengaruh cuaca (pada
buku Sains 1 hal 71-72).
– Gambar pakaian pada cuaca panas dan dingin (pada buku Sains 1 hal 71)
2. Sumber Bahan
– Buku Pelajaran IPA kelas 3
VI. PENILAIAN
A. Tertulis
1. Pekerjaan apakah yang sering menggunakan jasa prakiraan cuaca dari Badan
Meteorologi?
2. Bagaimana terjadinya angin itu?
3. Apakah yang dimaksud dengan angin?
4. Para nelayan berangkat berlayar ditiup oleh angin apa?
5. Pada cuaca panas pakaian apakah yang sebaiknya dipakai? Apa alasannya?
B. Pengamatan
1. Amatilah orang-orang disekitarmu pada waktu cuaca panas!
2. Amatilah orang-orang disekitarmu pada waktu cuaca dingin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s