Makanan Perusak Gigi

gigiGula, adalah salah satu perusak utama gigi. Selain itu, masih ada sederetan makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan gigi; lemon, soda, beras, roti, dan banyak lagi. Namun bukan berarti kita harus menghindari semuanya, karena ada cara menyiasatinya. Apa saja makanan yang berbahaya, dan bagaimana cara menyiasatinya?

1. Karbohidrat
Bakteri-bakteri perusak gigi sangat suka mengonsumsi karbohidrat yang tertinggal di dalam rongga mulut. Kemudian, bakteri ini akan memproduksi asam yang bisa mengikis lapisan pelindung gigi dan membuatnya berlubang. Gula, nasi, kentang, roti, buah-buahan dan sayuran, kaya akan karbohidrat.

Lalu, apakah konsumsi karbohidrat harus dikurangi? Tentu saja tidak. Yang harus kita lakukan hanyalah disiplin menyikat gigi seusai makan. Juga, tidak lupa membersihkan gigi usai menyantap camilan.

2. Makanan asam

Makanan asam seperti lemon, jeruk sitrus, atau minuman ringan tidak menyebabkan gigi berlubang. Tetapi makanan ini bisa membahayakan email gigi. Asam bisa mengikis lapisan email pelindung gigi dan membuat gigi jadi rapuh. Untuk melindungi gigi, jangan terlalu sering mengudap makanan dan minuman asam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s