RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi,
banjir dan longsor).
Indikator : – Menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan yang disebabkan
oleh erosi
– Menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan yang disebabkan
oleh abrasi.
– Menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan yang disebabkan
oleh banjir.
– Menjelaskan pengaruh banjir dan longsor terhadap daratan
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat:
– Menjelaskan cara mencegah erosi
– Menjelaskan cara mencegah abrasi
– Menjelaskan cara mencegah banjir
– Menjelaskan cara mencegah longsor
II. MATERI PEMBELAJARAN
Pencegahan kerusakan lingkungan
III. METODE PEMBELAJARAN
a. Metode : Tanya jawab, demonstrasi, tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Pertemua Pertama:
a. Kegiatan awal:
Tanya jawab
– Apa akibat yang ditimbulkan bila terjadi banjir?
b. Kegiatan inti:
– Guru memberi penjelasan cara-cara mencegah erosi.
– Guru menyiapkan peraga untuk membuktikan cara mencegah erosi.
– Siswa membimbing guru melaksanakan demonstrasi.
– Siswa membuat laporan.
c. Kegiatan akhir:
– Guru memberi penguatan.
– Guru memberikan uji kompetensi
V. ALAT / BAHAN / SUMBER
– Tanah, rumput, air, nampan, payung
– Gambar
– Buku Sains 2
– Buku Sains 4
VI. PENILAIAN
– Teknik penilaian: Lisan
– Bentuk penilaian: Uraian, Isian
– Contoh instrumen:
1. Bagaimana cara mencegah terjadinya erosi
2. Erosi mudah terjadi di tanah gundul dan ….
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal
Tanya jawab:
– Apabila erosi terjadi di tanah pertanian yang subur, apa akibatnya?
b. Kegiatan inti
– Penjelasan guru tentang cara-cara mencegah abrasi.
– Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang pengalaman siswa yang pernah ke
alut.
– Guru dan siswa merangkum.
– Siswa mencatat rangkuman.
c. Kegiatan akhir
– Guru memberi penguatan.
– Guru melaksanakan uji kompetensi.
VII. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
– Lingkungan
– Gambar
– Buku sains 2
– Buku sains 4
VIII. PENILAIAN
– Teknik penilaian : tes tertulis
– Bentuk penilaian : Isian
– Contoh instrumen : –
– Abrasi dapat dicegah dengan cara …
– Pemecah ombak di laut berbentuk seperti …
Pertemuan Ketiga:
a. Kegiatan awal
Tanya jawab:
– Pohon bakau ditanam di ….
b. Kegiatan inti
– Penjelasan guru tentang cara mencegah banjir
– Guru mengadakan tanya jawab
– Guru dan siswa merangkum.
– Siswa membuat rangkuman.
c. Kegiatan akhir
– Guru memberikan penguatan.
– Guru memberikan uji kompetensi.
IX. ALAT / BAHAN / SUMBER
– Lingkungan
– Tanah gembur, air, nampan
– Buku sains 2
– Buku sains 4
X. PENILAIAN
– Teknik Penilaian : Tertulis
– Teknik Penilaian : Isian
– Contoh Instrumen :
– Apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah banjir?
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan awal
Tanya jawab
– Tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu contoh untuk mencegah
terjadinya ….
b. Kegiatan inti
– Penjelasan guru tentang cara-cara mencegah longsor.
– Dengan menggunakan lingkungan, guru mengadakan tanya jawab.
– Siswa dibimbing guru mernagkum.
– Siswa mencatat rangkuman.
c. Kegiatan akhir
– Guru memberi penguatan
– Guru memberikan uji kompetensi.
XI. ALAT / BAHAN / SUMBER
– Lingkungan
– Buku sains 2
– Buku sains 4
XII. PENILAIAN
– Teknik Penilaian : Lisan
– Teknik Penilaian : –
– Contoh Instrumen :
– Akibat banjir adalah …
– Akibat longsor adalah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s