RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan)
dapat mengubah bentuk suatu benda.
Indikator : 7.2.1 Mengidentifikasi fakta yang mempengaruhi gerakan benda.
7.2.2 memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah
bentuk atau gerak benda.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan hal-hal yang dapat mempengaruhi bentuk benda.
2. Mendemonstrasikan perubahan bentuk benda.
3. Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari (contoh) bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Gaya dapat mengubah bentuk benda.
2. Contoh-contoh bahwa benda yang dihasilkan dari perlakuan gaya.
C. METODE PEMBELAJARAN
a. Metode : Tanya jawab, eksperimen / percobaan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemua Pertama:
a. Kegiatan awal (5 menit)
Motivasi:
– Apa yang disebut dengan gaya?
– Apa hubungan antara besar gaya dan gerak benda?
b. Kegiatan inti:
1) Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2) Setiap kelompok mendemonstrasikan menjatuhkan plastisin berbentuk bulat.
3) Anak dapat mengamati hal-hal yang terjadi.
4) Guru membimbing anak untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
c. Kegiatan akhir:
1) Guru memberi saran dan kesimpulan terhadap hasil demonstrasi kepada anak didik.
2) Membimbing pada anak untuk membuat rangkuman hasil dari pengamatan.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal:
1) Motivasi: Berikan contoh pengaruh gaya terhadap perubahan bentuk benda.
b. Kegiatan inti:
1) Guru membagi kelompok peserta didik.
2) Guru memberi tugas setiap kelompok untuk mendiskusikan hubungan antara gaya dan
perubahan bentuk benda.
3) Peserta didik mencatat nama benda yang mendapatkan gaya, sehingga mengalami
perubahan bentuk.
c. Kegiatan akhir:
1) Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok.
E. ALAT / BAHAN / SUMBER
a. Alat : Plastisin, kelereng, bola
b. Sumber : Buku IPA
F. PENILAIAN
a. Teknik : Praktek dan tertulis
b. Prosedur : Post test
c. Bentuk : Perbuatan dan tertulis
d. Instrumen : Melakukan percobaan pada kelereng yang jatuh ke tempat
yang licin.
1. Contoh Instrumen:
a. Uji pisik kerja prosedur
Sediakan plastisin dan bentuklah sehingga menjadi bulat, kemudian jatuhkan ke lantai.
Bagaimana bentuk plastisin?
b. Sediakan kelereng, jatuhkan pada tempat yang licin, dan yang tidak licin / tanah.

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s