RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di
lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
Indikator : 8.1.1 Menyebutkan contoh sumber energi panas dan kegunaannya.
8.1.2 Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
8.1.3 Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang ada di sekitar.
8.1.4 Mendemonstrasikan perambatan bunyi pada benda padat, cair dan
gas
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menyebutkan macam-macam sumber panas dan kegunaannya.
2. Melakukan percobaan tentang perambatan panas melalui benda padat, cair, dan gas.
3. Melakukan percobaan tentang perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas.
4. Menyebutkan sumber-sumber bunyi dan kegunaannya.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Energi panas
2. Energi bunyi serta sifat-sifatnya
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran:
a. Perintah
b. Kelompok
2. Metode
a. Demonstrasi
b. Eksperimen
c. Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemua Pertama:
a. Kegiatan awal:
1. Menyiapkan alat-alat yang akan di demonstrasikan.
2. Pembagian kelompok.
3. Apersepsi:
1. Memanfaatkan energi apa jika kamu mengeringkan pakaian?
2. Sebutkan contoh sumber energi panas dan bunyi!
b. Kegiatan inti:
1. Siswa mengambil alat percobaan perambatan panas.
2. Siswa mengerjakan secara kelompok sesuai perintah guru.
3. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
c. Kegiatan akhir:
1. Guru memberi pemantapan atas hasil kerja siswa.
2. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari percobaan.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal:
1. Menyiapkan alat yang akan didemonstrasikan
2. Pembagian kelompok
3. Tanya jawab:
1. Berasal dari manakah suara nyamuk yang sedang terbang?
2. Apakah yang disebut sumber energi bunyi?
b. Kegiatan inti:
1. Siswa mengambil alat percobaan perambatan bunyi.
2. Siswa diminta membuktikan perambatan bunyi pada benda cair dengan
memukulkan batu dalam air dan mendengarkan bunyinya.
3. Guru memberi tugas pada setiap kelompok.
4. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
c. Kegiatan akhir:
1. Siswa membuat kesimpulan dari hasil kerja kelompok.
2. Guru memberikan uji kompetensi.
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku Sains 2
2. Buku Sains 4
Pet I: Dua buah batu dan dua buah penggaris
Pet II: batu, ember, air.
VI. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a. Tes unjuk kerja
b. Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen:
a. Uji petik kerja prosedur
b. Uraian
3. Contoh Instrumen:
a. Uji petik kerja prosedur:
1. Gesek-gesekkan kedua tanganmu selama lima menit. Apa yang kamu rasakan?
2. Gesekkan dua buah penggaris selama lima menit. Sentuhlah permukaan penggaris
yang digesekkan tadi. Amati apa yang kamu rasakan?
b. Uraian
1. Berilah beberapa contoh sumber energi panas di ruang kelasmu!
2. Berilah beberapa contoh sumber bunyi yang ada di ruang kelasmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s