RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 8.3 Membuat suatu karya / model untuk menunjukkan perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara, misalnya: Roket dari kertas, balingbaling,
pesawat kertas dan parasut.
Indikator : 8.3.1 Merancang karya / model yang akan dibuat (roket, baling-baling,
pesawat kertas, parasut)
8.3.2 Menentukan bahan atau alat yang akan digunakan.
8.3.3 Membuat suatu karya atau model rancangan.
8.3.4 Menguji karya atau model yang dibuat dan menyempurnakannya.
Alokasi Waktu :
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
1. Merancang pembuatan roket, baling-baling, pesawat kertas dan parasut.
2. Memilih alat dan bahan yang dibutuhkan.
3. Membuat karya / model sesuai dengan rancangan.
4. Mendemonstrasikan hasil karya.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Model roket, baling-baling, pesawat kertas, dan parasut.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran:
a. Perintah
b. Kelompok
2. Metode
a. Demonstrasi
b. Eksperimen
c. Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan awal:
1. Apersepsi
– Pernahkah kamu melihat parasut, bagaimana jika kain parasut tidak bisa
mengembang?
– Alat apa saja yang menggunakan konsep perubahan energi gerak?
2. Menyiapkan alat-alat.
3. Pembagian kelompok.
b. Kegiatan inti:
1. Guru mengadakan tanya jawab tentang alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk
membuat roket, baling-baling, pesawat kertas, parasut.
2. Memberi tugas pada masing-masing kelompok.
3. Guru membimbing siswa dalam membuat rancangan model.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru memberi pemantapan atas hasil kerja siswa.
V. SUMBER BELAJAR
Pet I:
1. Buku Sains 2
2. Buku Sains kelas IV
Pet II:
1. Buku sains kelas IV
2. Plastik tipis, tali rafia, tiga potong kayu yang sama beratnya, gunting
VI. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a. Contoh instrumen
b. Unjuk kerja
2. Bentuk Penilaian:
a. Tes perbuatan
b. Uraian
Contoh Instrumen:
a. Unjuk Kerja:
1. Buatlah rancangan karya / model parasut, baling-baling, pesawat kertas, parasut.
2. Tentukan bahan dan alatnya.
b. Uraian:
1. Apa yang terjadi saat parasut di lempat ke atas?
2. Saat tiga parasut dilempar secara bersamaan parasut mana yang lebih cepat sampai ke
tanah?

Contoh Soal / Lembar Kerja
a. Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!
1. Energi alternatif yang berasal dari luar bumi adalah …
2. Untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik digunakan alat yang disebut …
3. Bensin dan solar merugikan lingkungan karena …
4. Bagian atas panel surya dilapisi dengan …
5. Mobil menggunakan bahan bakar …
b. Uraian Terbatas:
Jawablah dengan singkat dan benar
1. Bagaimana caranya angin digunakan sebagai energi alternatif?
2. Energi panas bumi dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Bagaimana caranya?
3. Apa saja yang dapat kita manfaatkan dari energi alternatif?
4. Apa kerugian penggunaan bahan bakar fosil?
5. Apa keuntungan penggunaan energi alternatif?

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  1. Mz dedy lam kenal….tolong dunk postingin rpp yang menggunakan metode pembelajaran inquiry dan pemecahan masalah untuk siswa SD…makacih

    lam kenal balik….. Insya Allah mbak….. hehehehehe lum sempat si….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s