RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat
musik.
Indikator : 8.4.1 Menentukan alat dan bahan untuk membuat terompet sederhana.
8.4.2 Membedakan bunyi alat-alat musik.
8.4.3 Memainkan alat-alat musik.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat:
1. Membuat alat tiup sederhana, misalnya: kertas, jerami
2. Membedakan berbagai alat musik, misalnya: tiup, petik, puku, tekan / suling, gitar, rebana,
pianika.
3. Menggolongkan cara membunyikan berbagai alat musik.
4. Mendemonstrasikan cara memainkan berbagai alat musik.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran:
a. Perintah Langsung
b. Kelompok
2. Metode
a. Unjuk kerja
b. Demonstrasi
c. Eksperimen
d. Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan awal:
1. Guru membunyikan alat musik terompet.
2. Bagaimana cara membunyikan terompet?
b. Kegiatan inti
1. Guru mendemonstrasikan cara menggunakan berbagai macam alat musik.
2. Siswa mengamati terompet pada saat ditiup.
3. Guru membimbing hasil pengamatan siswa dalam membuat kesimpulan.
4. Guru memberi tugas siswa membawa alat-alat musik yang dimiliki.
5. Guru memberi tugas siswa untuk karya pada pertemuan ke-2.
c. Kegiatan akhir:
1. Guru memberi pemantapan atas hasil kerja siswa.
2. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
2. Pertemuan ke-2
a. Kegiatan Awal:
1. Guru memberi tugas siswa untuk membunyikan alat-alat musik yang telah di bawa.
2. Siswa menyebutkan alat musik yang bergetar.
b. Kegiatan Inti:
Siswa membuat alat tiup sederhana dari bahan kertas / terompet.
c. Kegiatan Akhir:
1. Guru memberi pemantapan akan kemahiran siswa.
2. Memberikan uji kompetensi.
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku Sains 2
2. Buku Sains kelas IV
3. Karton, sedotan plastik, gunting
VI. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a. Lisan
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk Penilaian:
a. Praktek
b. Uji karya
Contoh Instrumen:
a. Praktek
1. Tiup terompet dengan keras.
2. Petiklah senar gitar dengan kuat. Bagaimana bunyi yang terdengar?
3. Pukullah drum. Bagaimana yang bergetar?
b. Uji karya
Buatlah terompet sederhana bahan dari kertas.

2 pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s