RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 9. Memahami adanya perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda
langit dan mengembangkan kemampuan mengaiskan antara sumber
daya alam dan cuaca dengan lingkungan teknologi.
Kompetensi Dasar : 9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
Indikator : 9.1.1 Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi perubahan dataran.
9.1.2 Menjelaskan pengaruh akibat pasang surut: air, badai, erosi,
kebakaran bagi nelayan.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan gerakan bumi.
2. Mendemonstrasikan akibat gerakan bumi.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Perubahan kenampakan bumi.
C. METODE PEMBELAJARAN
a. Metode : tanya jawab, praktek, demonstrasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan awal (5 menit)
– Bagaimana bentuk bumi kita?
– Pengetahuan: Apakah bumi senantiasa berupah sepanjang waktu?
b. Kegiatan Inti:
1) Guru mendemonstrasikan bentuk bumi dengan globe.
2) Guru mendemonstrasikan gerakan (rotasi) bumi dan pengaruhnya terhadap terjadinya
siang dan malam.
3) Guru membimbing hasil pengamatan peserta didik dalam membuat kesimpulan.
c. Kegiatan Akhir:
1) Guru memberi kesimpulan atas kerja peserta anak didik.
2) Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal:
1) Motivasi: Berapa waktu yang dibutuhkan bumi dalam satu kali putaran?
2) Pengetahuan apakah pasang dan surut air laut itu?
b. Kegiatan Inti:
1) Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2) Guru menyuruh anak melakukan eksperimen tentang pengaruh air pasang pada pantai /
daratan.
3) Guru menjelaskan tentang pengaruh gravitasi bulan terhadap terjadinya pasang surut air
laut di bumi.
4) Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil eksperimen.
c. Kegiatan Akhir:
1) Guru memberi kesimpulan secara rinci.
2) Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
E. ALAT DAN SUMBER BAHAN
a. Alat : Globe, lampu senter baterai, gambar
b. Sumber : Bahan IPA Kelas IV
F. PENILAIAN
a. Teknik : Praktek, demonstrasi, tertulis
b. Prosedur : Past test
c. Bentuk : Tugas, uraian, tertulis
d. Instrumen : Uji pisik kerja prosedur
Contoh Instrumen:
a) Tempatkan pasir di salah satu sisi nampan plastik dan sisi lainnya isilah dengan air tambahkan
air dengan gayung. Amati perubahan pada bagian pasir.
b) Uraian : Bagaimana terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut?
Kunci : Pasang naik dan pasnag surut air laut terjadi karena pengaruh gaya tarik bulan dan
matahari. Gaya tarik bulan menyebabkan air laut mengalami pasang naik di kedua
sisi bumi. Gaya tarik lebih besar pengaruhnya karena letaknya lebih dekat dengan
bumi, tempat yang menghadap bulan mengalami pasang naik dan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s